Gayahidup Pilihan

7 Tips Mengatasi Stres di Tempat Kerja

14 Juli 2018   09:44 Diperbarui: 14 Juli 2018   09:44 391 0 0
7 Tips Mengatasi Stres di Tempat Kerja
shutterstock.com

Terkadang kita mengalami tekanan dan stress di tempat kerja karena tuntutan pekerjaan. Diantara berbagai problem yang biasa kita hadapi adalah tuntutan bos yang terasa berat, deadline yang semakin mepet dan seabrek tugas yang menumpuk di atas meja kita. Oleh karena berbagai factor tersebut, kita merasa frustasi. Oleh karena itu, tak heran jika banyak para karyawan atau pegawai yang begitu benci menghadapi hari senin. Nah, apakah Anda termasuk tipe orang seperti itu?

Berikut saya berikan tips mengatasi stress di tempat kerja

1. Hindari hal-hal yang bisa mengganggu kerja sehingga kita tidak produktif

Terkadang stress muncul karena kita disibukan oleh hal-hal lain sehingga kita kurang focus. Pada ujungnya, pekerjaan terbengkelai. Untuk itu hindari berbagai macam gangguan yang ada di sekitar kita. Gangguan yang saya maksud di sini adalah gangguan yang sengaja kita hadirkan seperti notifikasi media social di smartphone kita, notifikasi email (kecuali jika memang pekerjaanmu mengecek email perusahaan) dan lain sebagainya. Matikan nofitikasi smartphone dan berusaha focus dengan pekerjaan yang harus anda selesaikan hari itu.

2. Sediakan segelas Air di Meja Anda

Jangan lupa untuk menyediakan air putih di meja sehingga kamu terhidrasi sepanjang hari. Atau jika kamu menyukai kopi atau teh, itu juga bagus. Apalagi jika kamu merasa kurang bergairah dan mengantuk, kopi bisa menjadi andalan utama untuk menyegarkan mata.

3. Hindari Mencuri waktu untuk Browsing Internet

Jika kamu bekerja di depan computer, sementara komputermu tersambung dengan internet, usahakan untuk tidak browsing hal-hal diluar urusan pekerjaan. Kecuali jika kamu telah menyelesaikan pekerjaanmu.

4. Simpan Aromatherapi atau parfum di meja Anda

Aroma terapi bisa membuat kita merasa lebih rileks dalam menjalani hari-hari. Kita jadi lebih bersemangat dalam bekerja

5. Jika kamu merasa nyaman, Bekerja sembari mendengarkan Nasyid Favorit bisa menjadi pilihan

Nah, kamu juga bisa enjoy menuntaskan pekerjaan sembari mendengarkan nasyid, atau lebih baik lagi mendengarkan murotal al-quran. Dengan catatan hal ini tidak mengganggu aktifitas kamu dalam bekerja.

6. Jika Terasa Penat, Cobalah untuk Jeda Sebentar

Jika kamu sudah merasa penat dengan pekerjaanmu, kamu bisa membuat jeda sebentar. kamu bisa berdiri dan merenggangkan otot-otot yang kaku, atau berjalan ke luar dari ruangan kantor dan menghirup udara segar. atau bisa juga mengobrol sebentar dengan teman-teman sekantor

7. Tetapkan Target Harian

Seringkali stres muncul karena pekerjaan yang menumpuk. pekerjaan yang menumpuk bisa jadi karena kita terbiasa menunda-nunda atau mengakhirkan tugas di kantor. Pada akhirnya kita mengerjakan tugas tersebut pada waktu deadline yang semakin sempit. Oleh karena itu, hendaknya kamu menetapkan target harian, apa yang harus kamu kerjakan hari ini dan bagaimana supaya bisa selesai. Insya Allah hal ini bisa membantu kamu menyelesaikan tugasmu tepat waktu. Dan yang pasti kamu nggak bakalan kena teguran bos di kantor.

Nah, barangkali kamu punya tips lain, silakan tulis di kolom komentar ya Gan...