Mohon tunggu...
Moxpedia
Moxpedia Mohon Tunggu... Freelancer - Mari bercerita...

Bercerita lebih dari sekedar kata.

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Lahirkan Member Terampil dan Peduli Keselamatan Berkendara, Royal Riders Indonesia Selenggarakan Safety Riding Training

31 Januari 2023   07:47 Diperbarui: 31 Januari 2023   08:35 173
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Peserta Safety Riding RoRI 2023 sedang melakukan praktik dari materi yang diberikan instruktur (Doc. Kangmox)

Kehadiran komunitas pengguna sepeda motor bukan hanya sebagai wadah komunikasi dan riding bersama. Lebih dari itu ada tanggung jawab sosial yang juga harus dilakukan terkait berkendara/berlalu lintas. Pada hari, Ahad (29/1/2023) Royal Riders Indonesia (RoRI) lakukan pelatihan Safety Riding kepada 130 member di dealer Royal Enfield (RE) Cibubur, Jakarta. 

Kegiatan ini merupakan yang kedua diselenggarakan oleh komunitas RE terbesar di Indonesia. Sebelumnya di masa pandemik COVID-19 dilakukan secara daring dengan instruktur Jusri Pulubuhu. Awal tahun 2023 ini giliran Aldi Reynold yang memberikan materi dan pelatihan kepada perwakilan member RoRI Chapter Banten, Chapter Jakarta, Sc. BRADERS, Sc. Bekasi, dan Sc. Bandung. 

Presiden RoRI, Adnan Maddanatja mengungkapkan bahwa ruang jalan yang digunakan adalah fasilitas umum. Berkendara sendiri maupun rombongan harus tetap memperhatikan sekitar. Apalagi sepeda motor yang digunakan memiliki bobot yang berat dan kubikasi mesin besar. 

"Berkendara bukan sekedar melepas penat, jalani hobi, dan healing. Dalam aktivitas tersebut kita punya satu tanggung jawab moral untuk turut menciptakan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan berlalu lintas. Terkait kegiatan safety riding gue berharap ini merupakan kegiatan yang bermanfaat khususnya untuk member RoRI. Di samping itu mereka akan dapatkan pembekalan tentang cara berkendara yang benar dan aman. Dari sini gue ingin ciptakan member RoRI sebagai pengguna jalan yang sadar di jalan bahwa saat riding itu bukan hanya ada kita, boncenger, dan rombongan melainkan masyarakat pengguna ruang jalan lainnya." ungkap Adnan.  

Esensi kegiatan Safety Riding RoRI 2023 

Presiden RoRI, Adnan Maddanatja saat memberikan sambutan dalam kegiatan Safety Riding RoRI 2023 (Doc. Kangmox)
Presiden RoRI, Adnan Maddanatja saat memberikan sambutan dalam kegiatan Safety Riding RoRI 2023 (Doc. Kangmox)

Secara mendasar Presiden RoRI, Adnan Maddanatja mengharapkan peserta pelatihan ini sepulang dari kegiatan dapat memiliki tiga bekal. Yang pertama adalah keterampilan mengendalikan sepeda motor RE yang dikendarainya, menciptakan perjalanan yang menyenangkan dan aman, serta mampu menghadapi kondisi permukaan jalan yang beragam. 

Pelaksanaan kegiatan yang dimulai di dalam ruangan lalu pindah ke outdoor tidak serta merta lancar. Pasalnya beberapa kali mereka harus menyesuaikan karena hujan turun. Tapi niat dan tekad untuk melakukan pelatihan safety riding tidak pudar. 

Foto bersama peserta, pengurus pusat RoRI, dan perwakilan RE (Doc. Kangmox)
Foto bersama peserta, pengurus pusat RoRI, dan perwakilan RE (Doc. Kangmox)

Pengurus RoRI Pusat, Bagian Event, Handopo yang sekaligus steering commite kegiatan tersebut mengucapkan rasa syukurnya karena semua berjalan lancar. Ia juga menyampaikan bahwa selepas kegiatan dilaksanakan akan ada tindak lanjut. Mulai dari mengevaluasi hasil dari pelatihan, implementasi wawasan dan keterampilan yang diperkenalkan. Tidak hanya itu kedepannya akan ada riding bareng instruktur untuk memantau langsung materi yang sudah diberikan. 

Ketua Pelaksana Safety Riding RoRI 2023, Risyad Fauzie pun diberikan apresiasi oleh rekan-rekan peserta. Pasalnya pengemasan kegiatan sangat profesional dan layaknya menggunakan jasa Event Organizer (EO). 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun