Kangmox
Kangmox

Wujudkan impian dengan sederhana, namun bermanfaat luar biasa. Turing dan turing.

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Mengenal Honda Forza 250 yang Kian Mengancam Eksistensi Yamaha Xmax

9 Agustus 2018   12:02 Diperbarui: 9 Agustus 2018   12:17 2702 0 0
Mengenal Honda Forza 250 yang Kian Mengancam Eksistensi Yamaha Xmax
setia1heri.com

Skuter matik gambot alias berbadan besar sudah menjadi tren jalanan di tanah air, salah satu yang jadi penantian para bikers adalah Honda Forza 250cc yang sebelumnya sudah dipasarkan di Thailand. Sejak 2017 kemarin mata kita sudah disuguhkan dengan berlalu lalangnya Yamaha Xmax yang sama-sama berbadan besar dengan kubikasi mesin yang cukup besar. 

Namun sejak pertama diluncurkan pada 2 Agustus 2018 dalam ajang GIIAS 2018 di ICE BSD, setidaknya sampai tanggal 6 dibulan yang sama motor ini sudah terpesan sebanyak 131 unit. 

Apakah ini artinya sebuah ancaman untuk kejayaan keluarga Scooter Maxi Yamaha? biarlah waktu yang akan menjawab semua ini, tentunya dengan serbuan atau keacuhan dari calon konsumennya. 

Maka dari itu tidak ada salahnya kita mengetahui fitur-fitur dan kecanggihan apa yang ditawarkan oleh Honda kepada pecinta motor di Indonesia Raya ini. 

1. Desain 

Untuk tampilan tubuh yang bohai, Forza 250 terkesan sporty dan agresif dikarenakan adanya penyematan lekukan tajam pada beberapa bagian. Kemewahan akan lebih terasa dengan sajian tiga warna yang tersedia, yaitu Pearl Horizon Whita, Sword Silver Metalic, dan Black Metalic yang dapat dipilih berdasarkan karakter individu peminatnya. 

Penggunaan ban dengan ukuran 120/70-15 untuk bagian depan, 140/70-14 untuk belakang tenyata menambah kegagahan dari skutik yang memiliki  berat badan kurang lebih 129 kilogram. 

2. Fitur 

Nah ini dia, kemewahan yang sesungguhnya akan terasa apabila fitur-fitur yang disuguhkan dapat membuat pemiliknya klepek-klepek tidak kepalang karena kepuasan yang dirasakan. Tapi ini masih kemungkinan ya, hehe. 

Sebenarnya tidak terlalu spesial juga sih, karena ada beberapa fitur yang telah digunakan oleh skutik Honda ber-cc di bawahnya, semisal system Honda Smart Key System yang memudahkan kita menghidupkan motor tanpa menggunakan kunci, fitur ini juga sudah terintegrasi sebagai alarm anti maling sekaligus answer back system yang akan memudahkan pencarian di parkiran. 

Jika terus memandang Digital panelmeter yang beraksen krom pada sisi speedometer maka kemewahan lagi dan lagi akan terasa. Karena yang namanya digital ya sudah tidak lagi menggunakan sebatang penunjuk kecepatan dan konsumsi bensin. 

Beberapa informasi yang dikumpulkan pada panelmeter adalah indikator HSTC (Honda Selectable Torque Control), Indikator perawatan, Trip meter, Indikator konsumsi bahan bakar, kecepatan, dan tentunya RPM. 

Oh iya, kalau masih asing dengan HSTC, itu adalah system yang fungsinya sebagai pengontrol traksi agar tidak adanya slip pada ban disaat sedang asik-asiknya riding. 

Untuk pecinta touring akan semakin dimanjakan dengan hadirnya DC Socket yang dapat digunakan untuk mengisi daya gawai atau GPS saat melintasi perjalanan yang panjang. Passing lamp dan lampu hazard pun telah disematkan, dan harap digunakan sebagaimana mestinya ya. Kalau hanya sedang bersama rombongan mah tidak usah digunakan itu lampu hazardnya.  

Dalam mendukung keselamatan berkendara, karena torsi maksimal yang dijanjikan 17.3 Kw pada rpm 7.500 dan torsi maksimal 24 Nm dalam putaran mesin permenit diangka 6.250 telah terpasang ABS 2 channel. Pokoknya beneran canggih, mewah, sporty dan agresif daaah. 

3. Harga 

www.bike-parts-honda.com
www.bike-parts-honda.com
Honda Forza 250cc bermesin SOHC Liquid Cooled PGM-FI ini cukup jauh di atas Xmax yang hanya berkisar Rp 55 jutaan, sementara dia berada diangka Rp 70 jutaan OTR Jakarta. 

Demikian sekelibat perkenalan tentang skutik premium berkapasitas 250cc dari pabrikan Honda, yang konon dapat menggeser dominasi Yamaha Xmax. Tapi bagi kalian yang suka out of the box dalam meilih motor matik 250cc ada tuh pilihan dari brang Inggris produksi China, Benelli Zafferano 250. 

Dadaaaaah, sampai jumpa diartikel otomotif lainnya ya, tapi jangan lupa untuk follow dan like ya artikel saya ini. Karena dengan itu juga akan mendorong semangat dan ketajaman setiap artikel yang terbit. Dan agar lebih mengena lagi manfaatnya tulis komentarnya ya.