Mohon tunggu...
Kakarima
Kakarima Mohon Tunggu... Jurnalis - Kakarima

Bercerita dengan kata untuk edukasi kita bersama.

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Setengah Hati Dalam Melahirkan Motor Hybrid, Itulah Honda

19 Juli 2018   15:05 Diperbarui: 19 Juli 2018   15:22 2385
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

All New Honda PCX Hybrid, diklaim oleh Honda sebagai sepeda motor dengan sistem hybrid pertama di Indonesia, makin bangganya pihak Honda ketika menyampaikan bahwa motor ini adalah produksi lokal. 

Tapi jangan heran ya, karena walaupun lokal skutik premium pesaing Yamaha Nmax ini dibanderol Rp 40 jutaan, OTR Jakarta. 

Bagi mereka yang sudah lama menantikan sepeda motor dengan teknologi listrik, atau perpaduan antara keduanya harap jangan menaruh banyak sama skutik ini, karena fungsi batre lihtium-ion yang tertanam di bawah jok bagian belakang hanya sebagai dorongan untuk meningkatkan tenaga saat di putaran atas. 

  otomotif.kompas.com
  otomotif.kompas.com
Namun ya sudahlah, kita beri apresiasi AHM yang telah menjadi pelopor motor hybrid di Indonesia, dan benar juga kita tidak bisa berharap banyak perihal teknologi listrik yang bisa membuat motor berjalan tanpa bensin, karena PCX Hybrid ini ditempatkan hanya untuk yang mau tampil pede.

Daripada larut dalam lamunan alangkah baiknya kita kenali saja apa yang bisa dinikmati dari All New Honda PCX Hybrid ini.

Dari segi tampilan tidak ada hal yang mencolok, kecuali jika kita orangnya yang sangat kepo, karena pada sayap bagian bawah Honda menyematkan emblem hybrid. Dan pada bagian belakang, jika untuk varian bensin murni mika reflektor berwarna merah, kini pada varian hybrid berwarna silver. 

Lantas yang bisa dinikmati saat sedang melaju di jalanan adalah dengan hadirnya 3 mode berkendara yang berbeda. 

Pertama ada Idling Mode, pada mode ini motor tidak akan mati saat berhenti setelah tiga detik, walaupun ada fitur Idling Stop System  yang disematkan. 

Kedua adalah Drive Mode, bedanya dari yang pertama hanya terletak pada pengaktifan ISS yang akan membuat mesin mati setelah 3 detik motor berhenti. 

Dan yang ketiga, ini kayaknya yang wajib untuk selalu dinikmati, karena dalam mode ini sensasi dorongan dari ACG Starter dan sistem hybrid akan terasa. Ya, memang sih kalau mau merasakan sensasinya puataran motor jangan ada di tengah, apalagi bawah. 

Karena pada mode sport ini anda akan merasakan lonjakan tenaga yang lebih tinggi 20-30% dari PCX tanpa baterai lithium-ion. 

Sumber: astra-honda.com

 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun