Mohon tunggu...
Raditya Riefananda
Raditya Riefananda Mohon Tunggu... Penulis

Penjual Buku Eceran | Founder Aksarapedia.id "Hanya manusia biasa yang gemar menulis. Menulis yang saya bicarakan, berbicara apa yang saya tuliskan. Menulis apa yang saya lakukan, melakukan apa yang saya tuliskan."

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Cara Membuat Kata Sandi yang Aman!

6 Mei 2021   21:15 Diperbarui: 6 Mei 2021   21:30 139 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cara Membuat Kata Sandi yang Aman!
Buku (dokpri)

Sepertinya tidak banyak yang tahu tempe saat ini hari apa.

Kamis?? 

Iya, betul. 100 buatmu!

Saat ini adalah hari Kamis, kemarin Rabu, besok Jumat, lusa Sabtu, tulat adalah Minggu, dan tubin adalah Senin. Namun, bukan itu yang saya maksud, Jaenudin.

Hari ini, adalah Hari Kata Sandi Sedunia atau World Password Day (WPD). Digaungkan agar kita memastikan keamanan kata sandi yang dimiliki. Bila perlu mengubahnya hari ini.

Mengubah kata sandi secara berkala sangat penting dilakukan. Guna menghindari peretasan oleh hacker maupun cracker.     

WPD diinisiasi oleh Mark Burnett. Doi adalah peneliti keamanan digital. Yang mendorong untuk memperbarui kata sandi secara berkala. Gagasan doi tertuang dalam bukunya "Perfect Passwords" (2005).

Puluhan purnama berlalu. Gagasan doi menginspirasi Intel Security. Akhirnya ditetapkan bahwa setiap hari Kamis pekan pertama di bulan Mei, diperingati sebagai World Password Day. Sejak 2013.

Bagaimana menciptakan kata sandi yang kuat?

Salah satu cara dan langkah awalnya adalah bisa dengan membuat kalimat.

Iya, kalimat. Yang hanya diketahui dirimu sendiri. Dan kamu bisa menyimpannya, tanpa takut orang lain akan jadi tahu. Apalagi tempe.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x