Mohon tunggu...
Jaja Zarkasyi
Jaja Zarkasyi Mohon Tunggu... Penulis - Saya suka jalan-jalan, menulis dan minum teh

Traveller, penulis dan editor

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Bekerja dan Ibadah

12 Januari 2018   15:33 Diperbarui: 12 Januari 2018   15:42 273
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Waktu itu usia kami masih sangat remaja. Namun langkah kami sepertinya kalah cepat oleh sosok sepuh namun penuh semangat. Beliau adalah KH. Imam Dimyati, pengasuh pesantren Gedongan, Cirebon. Setiap waktu kosong, beliau biasa mengajak para santri untuk berkebun, seperti bawang, padi atau palawija. Begitu pula kami, sebelum berangkat sekolah di siang hari, kami sesekali diajaknya untuk menengok kebun palawija yang mulai mendekati musim panen. Di masa itu masih banyak hamparan kebun di Cirebon yang menghijau.

Satu yang kami ingat dari ujaran beliau di sela-sela mencabut rumput-rumput adalah bahwa bekerja itu ibadah. Namun ada syaratnya, lanjutnya, bekerja itu harus bernilai sebagai amal saleh. “Kalian harus bekerja dan memberi manfaat bagi diri sendiri, orang lain dan lingkungan. Di manapun kalian bisa bekerja dan beribadah, asalkan itu berupa amal saleh”. Begitulah salah satu cara beliau dalam menanamkan nilai-nilai kepribadian kepada para santri. Saya bersyukur bisa merasakan itu.

Dari nasihat itulah saya pun berkesimpulan bahwa bermanfaat itu tak melulu harus di posisi tertentu. Amal saleh itu sangat luas maknanya, tidak sebatas berinfak dan bersedekah. Bagi siapapun yang menjalani profesi dengan penuh tanggung jawab, berdedikasi dan memberi manfaat, maka ia tengah melakukan amal saleh. Dan itu bernilai ibadah.

Dalam al-Qur’an, istilah “amal saleh” disandingkan dengan kata “iman””. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam surat al-Ashar: “Demi masa. Sesungguhnya manusia benar-benar berada dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shalih dan saling menasihati tentang kebenaran serta saling menasihati tentang kesabaran.” Begitu pula dalam surat at-Tiin, “Demi Tin dan Zaitun. Dan demi bukit Sinai. Dan demi kota (Makkah) yang aman ini. Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya. Kemudian Kami kembalikan dia ke tempat yang serendah-rendahnya. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shalih, maka bagi mereka pahala yang tiada putus-putusnya. Maka, apakah yang menyebabkan kamu mendustakan (hari) pembalasan sesudah (adanya keterangan-keterangan) itu? Bukankah Allah adalah Hakim yang seadil-adilnya?.”

Selain di dua surat tersebut, menurut para ulama tafsir, persandingan antara dua kata tersebut juga terjadi di 71 ayat. Para ahli tafsir berpendapat bahwa hal ini menegaskan iman dan amal saleh adalah dua sisi mata uang yang tak terpisahkan. Mereka yang beriman juga seharusnya menjabarkan keimanannya dalam perilaku positif di kehidupannya. Dalam istilah lain, bagi mereka yang telah beriman secara utuh, maka ia akan mewakafkan hidupnya untuk menciptakan rasa aman, damai dan berbagai kebaikan bagi lingkungan dan kehidupannya.

Hal ini sejalan dengan hadits Nabi yang bercerita tentang perilaku orang-orang beriman, seperti memuliakan tetangga, berkata yang baik, menghormati tamu. Nabi SAW bersabda: Barang siapa beriman kepada Allah dan rasulnya, maka berkatalah yang baik atau diam. Dalam hadits lainnya disebutkan: Barang siapa yang beriman kepada Allah dan Rasulnya, maka muliakanlah tamunya.  Kedua hadits ini menegaskan kembali betapa iman dan amal saleh senantiasa beriringan.

Birokrasi dan Amal Saleh

Konsep “Amal saleh” dijabarkan dalam birokrasi sebagai pengambilan kebijakan yang menjunjung tinggi profesionalitas, netralitas dan tanggung jawab. Seorang aparatur negara harus bekerja untuk memastikan masyarakat mendapat layanan publik, seperti akses pendidikan, kesehatan, ekonomi bahkan politik. Profesional dapat diartikan sebagai cara berfikir dan perilaku yang menjunjung tinggi nilai-nilai tanggung jawab, amanah, dan cerdas. 

Orang yang profesional berarti bekerja sepenuh waktu dan jiwa, tidak sepotong-potong, tidak menjadikan pekerjaan tersebut sebagai aktifitas sampingan. Ia bekerja sesuai dengan keahlian dan keilmuannya, melaksanakan tugas tersebut dengan terukur dan bertanggung jawab, mampu memberikan inisiatif dalam meningkatkan kinerja. Profesional juga dapat diartikans ebagia kerja mandiri terbebas dari intervensi yang berorientasi pada bsinis maupun politik.

Dalam sejarah kekhalifahan, telah banyak narasi yang menggambarkan bagaimana perilaku terpuji keempat khalifah pasca Rasulllah SAW wafat. Abu Bakar, Umar, Utsman hingga Ali, kesemuanya menjalankan fungsi pelayanan secara komperehensif. Abu Bakar di awal kepemimpinannya memberikan besar terhadap hak orang miskin dalam memperoleh akses bantuan. 

Hal itu diwujudkan dengan perintahnya untuk mengambil zakat dari mereka yang sudah nisabnamun enggan menunaikan zakatnya. Zakat yang terkumpul itu kemudian didistribusikan kepada orang-orang miskin dalam konsep layanan yang cepat dan mudah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun