Mohon tunggu...
Fransi Libut
Fransi Libut Mohon Tunggu... Tinggal di Papua

Traveling and photography

Selanjutnya

Tutup

Kotak Suara

Tokoh Papua di Pusaran Kandidat Menteri

29 Mei 2019   13:08 Diperbarui: 30 Mei 2019   09:22 269 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tokoh Papua di Pusaran Kandidat Menteri
fk.unipa.ac.id

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan pasangan calon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin sebagai pemenang Pemilihan Presiden ( Pilpres) 2019 dengan hasil 55,50 persen dari total suara sah nasional.

Kini sudah mulai beredar nama-nama anggota kabinet Jokowi periode 2019-2024.

Beredar bocoran susunan menteri di Kabinet Kerja Joko Widodo jilid II periode 2019-2024 di sejumlah  media sosial.

Namun, lebih banyak pos-pos menteri dan lembaga yang dijabat oleh orang-orang yang ada saat ini.

Wakil Papua

Sepertinya biasanya, dalam setiap periode kepemimpinan, selalu ada tokoh Papua yang mewakili Papua dalam kabinet sebagai representasi orang asli Papua

Presiden diharapkan selektif dalam menentukan pembantu nya dari Papua. Karena selain representasi Orang Asli  Papua, menteri dimaksud juga harus memahami issu Papua secara lokal dan global.

Sebut saja kandidat menteri dimaksud tersebut diantaranya Apolo Safanpo, saat ini Rektor Uncen, Yohana Yembise yg masih menjabat menteri, Manuel Kaisiepo mantan menteri dan politisi PDIP, Velix Wanggai birokrat nasional, Mervin Komber ketua Badan Kehormatan DPD RI, Yoris Raweyai anggota terpilih DPD RI politisi Golkar dan Jhon Gluba Gebze, mantan Bupati Merauke, Gubernur Papua Lukas Enembe, Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan, Ketua MRP Timotius Murib, Lenius Kogoya staf khusus presiden dan beberapa nama lainnya.

Dari deretan nama di atas, kita berharap Presiden memilih nama yang punya konsep dan bisa menjadi penyambung lidah masyarakat Papua di pemerintahan pusat.

Demikian. 

VIDEO PILIHAN