Mohon tunggu...
Ferry Aldina
Ferry Aldina Mohon Tunggu... Berkarya sebelum meninggal dunia

.:: Berbagi Bermanfaat Berkarya ::.- http://blogaldina.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Visit KBA Telaga Murni, Momentum Gebrakan "GEMILANG" di Desa Telaga Murni

24 September 2019   17:37 Diperbarui: 24 September 2019   17:40 335 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Visit KBA Telaga Murni, Momentum Gebrakan "GEMILANG" di Desa Telaga Murni
Gerakan Minat Literasi Lingkungan Hidup (Gemilang), Sumber : dokpri

Program CSR yang dilakukan oleh perusahaan merupakan suatu keharusan baik secara normatif ataupun secara kepedulian perusahaan terhadap lingkungannya. Berbagai perusahaan melaksanakan program empat pilar CSR, Pendidikan, Kesehatan, Kewirausahaan, Lingkungan dan Kesehatan. Keempat pilar tersebut menjadi pedoman dalam membentuk masyarkat yang cerdas, sehat, dan mandiri.

Astra melalui Program KBA atau Kampung Berseri Astra sudah melakukan empat pilar program tersebut. Baru-baru ini tepatnya hari Minggu, 22 September 2019 melakukan kegiatan Visit KBA (Kampung Berseri Astra) di KBA Telaga Murni di RW 05 Desa Telaga Murni, Kecamatan Cikarang Barat Kabupaten Bekasi yang merupakan binaan CSR PT Yutaka Manufacturing Indonesia.

Program Visit KBA dihadiri oleh KBA Binaan Astra se-jabodetabek  binaan Astra dan Group Astra di wilayah Jabodetabek. kegiatan tersebut dihadiri juga oleh Kepala Bidang Sosial Budya & Ekonomi Kabupaten Bekasi, Irsan Frimansah, Kepala Bidang Dinas Pemberdayaan Masyarakat & Pemerintah Kabupaten Bekasi, Beni Munandar, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi diwakili oleh Aji Seoharto,  PT Astra International Tbk. Wiwik Setyowati, Management Representative CSR PT Yutaka Manufacturing Indonesia Ayu Sri Indriyani, Camat Cikarang Barat Doddy Gandhi S.STP MSi, Kepala Desa Telaga Munri Bambang Priyanto SH.MSi.

Bu Wiwik Setyowati sebagai perwakilan dari PT Astra International Tbk (sumber; dokpri)
Bu Wiwik Setyowati sebagai perwakilan dari PT Astra International Tbk (sumber; dokpri)
Acara Visit KBA ini dibuka oleh PT Astra International Tbk melalui sambutan yang disampaikan oleh Wiwik Setyowati. Beliau menyampaikan Kampung berseri Astra merupakan pembinaan wilayah meliputi 4 bidang sesuai dengan pilar CSR Astra Yakni Pendidikan, Kesehatan, Kewirausahaan, Lingkungan dan Kesehatan. Harapannya program KBA dapat menjadi kampung yang bersih dan hijau serta masyarakatnya sehat, cerdas dan produktif.

Dalam kesempatan tersebut, KBA Telaga Murni juga melaksanakan Kick Off program Kampung Literasi yang diresmikan oleh Manajemen PT Astra International Tbk  Wiwik Setyowati. Program kampung literasi adalah sebuah kampung yang warganya memiliki minat untuk terus belajar banyak hal demi kemajuan kampungnya, dan mempunyai visi menjadikan warga yang cerdas di segala bidang. Untuk mencapai visi tersebut maka dibuatlah program bernama Gemilang "Gerakan Minat Literasi Lingkungan Hidup".

seluruh peserta dan undangan kegiatan Visit KBA (sumber : dokpri)
seluruh peserta dan undangan kegiatan Visit KBA (sumber : dokpri)
Seluruh peserta dan undangan diajak untuk mengikuti kegiatan Visit KBA antara lain Wisata Lingkungan KBA Telaga Murni, Bazaar, talkshow, terkait 4 pilar, penampilan seni budaya calung dan pagi harinya diadakan senam sehat bersama. Dalam kegiatan wisata lingkungan ini para peserta dan tamu undangan dapat melihat langsung program 4 Pilar CSR yang telah dilaksanakan di KBA Telaga Murni diantaranya :

Pilar Lingkungan

Lingkungan KBA Telaga Murni (dokpri)
Lingkungan KBA Telaga Murni (dokpri)
Pilar lingkungan " Astra untuk Indonesia hijau" menampilkan ikon 8 RT yang ada di KBA RW 05 yakni zona toga, zona rumah belajar aquaponik dan komposter, zona olahraga, zona seni budaya tari dan calung, zona sentra tanaman buah, zona ketahanan pangan & foto 3d, zona taman baca pelangi, sentra 3R.

Pilar Pendidikan

Seni Gamelan (dokpri)
Seni Gamelan (dokpri)
Pilar Pendidikan " Astra Untuk Indonesia Cerdas" menampikan kegiatan pembelajaran 6 sentra yaitu sentra imtaq, sentra balok, sentra bahan alam, sentra seni, sentra persiapan, sentra bermain peran mikro dan makro. Semua sentra didukung oleh operasional manajemen bank sampah, semua sampah an-organik yang telah terpilah dipergunakan untuk media pembelajaran sentra.

Selain itu, ada kegiatan  Panggung Boneka dan Gerakan menabung sampah dilakukan setiap hari kamis para siswa/i paud membawa sampah bernilai ekonomis ke sekolah untuk disetorkan dan hasil dari sampah yang disetorkan dan ditabung dapatt digunakan untuk membayar iuran SPP atau kegiatan-kegiatan sekolah, kegiatan ini juga bertujuan memberikan edukasi kepada anak untuk peduli terhadap lingkungan.

Pilar Kesehatan

Senam Pagi di KBA Telaga Murni (dokpri)
Senam Pagi di KBA Telaga Murni (dokpri)
Pilar Kesehatan " Astra untuk Indonesia Sehat" di Posyandu seroja IB KBA Telaga Murni mempunyai Program Posbindu PTM, Posyandu Lansia, Senam Jantung, Penyuluhan PHBS, Gebyar Posyandu Lomba Balita Sehat, Tabungan Balita (Talita), Tabungan Lansia (Tabulan),Tabungan Ibu Hamil (Tabulin), Jumantik, Forum Kader Posyandu, , Warung Gizi, iposyandu (pencatatan posyandu digital). Pada kegiatan Visit KBA dilaksanakan pula kegiatan minum susu bersama, pengecekan gula darah, asam urat dan kolesterol, penjualan & pembuatan makanan sehat serta senam sehat yang diikuti oleh warga Telaga Murni.

Pilar Kewirausahaan

Pilar Kewirausahaan (dokpri)
Pilar Kewirausahaan (dokpri)
Pilar Kewirausahaan " Astra untuk Indonesia Kreatif" di KBA Telaga Murni menampilkan wirausaha kue kering Dewi cookies dan mapela handmade kerajinan 3R.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x