Mohon tunggu...
Ferry Aldina
Ferry Aldina Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Writerpreneur I Islamic Parenting Blogger

Praktisi Parenting Islam

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Digitalisasi Kesehatan di Mata Buruh Pabrik (True Story)

15 November 2017   04:52 Diperbarui: 15 November 2017   04:52 466
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
suasana ramai di kantor BPJS Kesehatan (sumber : rmol.co)

Saya akan coba share pengalaman nyata teman saya di pabrik. Mungkin belum pernah Anda alami. Saya juga baru pertama kali melihat dengan mata kepala saya sendiri. Ya, ini cerita tentang pengalaman pribadi saya.

Waktu itu sekitar pukul jam 12 siang. Matahari sudah berada di atas kepala. Bayangan sendiri pun nyaris tidak terlihat alias sejajar dengan tubuh saya. Saya melihat dari kejauhan, sosok lelaki setengah baya dengan wajah memelas perlahan menghampiri saya.

Lelaki itu membawa kotak kardus yang sudah dirangkai sedemikian rupa sehingga ada lubang kecil diatasnya. Dia adalah teman saya yang bekerja sebagai kuli harian. Bekerja berdasarkan jam dan pendapatannya jauh dibawah karyawan pada umumnya.

Siang itu dia mendekati saya menawarkan untuk sumbangan kesehatan. Ketika saya tanya siapa yang sakit. Ternyata jawabannya adalah anaknya. Anaknya sedang menderita sakit demam parah dan harus dirawat di Rumah Sakit.

Karena biaya yang tidak bisa dibayarnya, terpaksa dia berkeliling minta sumbangan kepada teman-teman kerjanya. Semuanya dilakukan karena tidak ada asuransi yang mengcovernya.

Bekerja sebagai kuli harian tanpa jaminan kesehatan untuk keluarga sangatlah beresiko. Tidak adanya sosialisasi dari perusahaan dan ketidaktahuan prosedur membuat teman saya meminta kotak sumbangan sukarela dari teman-temannya.

Kejadian membuat kita sadar bahwa pentingnya jamninan kesehatan. Penyakit datang tanpa diundang, sehingga kesehatan perlu dijaga. Disamping itu juga harus adanya upaya solutif ketika kita dihadapkan dengan penyakit.

Sekarang ini kita dipermudah dengan dunia digital. Semuanya serba digital. Sekali layar disentuh, apapun bisa dilakukan. Dimulai dari chatting, browsing, sampai makan pun bisa dengan smartphone.

Untuk layanan kesehatan, BPJS Kesehatan mengeluarkan aplikasi mobile JKN untuk semua pengguna smartphone. Aplikasi MOBILE JKN ini mempermudah administrasi untuk masyarakat tanpa harus datang ke kantor. Ada fitu Care Center dan Mobile Screening juga yang memungkinkan untuk konsultasi dengan dokter dan pengecekan riwayat kesehatan.

Aplikasi MOBILE JKN juga bisa mengecek tagihan iuran, pencetakan kartu, perubahan alamat domisili, fasilitas kesehatan tingkat pertama, dan juga validasi kartu.

Bagi teman-teman yang memiliki handphone android, segera download aplikasi MOBILE JKN di Playstore atau pengguna iphone bisa download di App Store.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun