Mohon tunggu...
Ferry Aldina
Ferry Aldina Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Writerpreneur I Islamic Parenting Blogger

Praktisi Parenting Islam

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Minimnya Informasi Kesehatan dan Kehamilan "Terpaksa" Harus "Download" Aplikasi GueSehat

10 November 2017   05:03 Diperbarui: 10 November 2017   10:57 1539
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), untuk orang dewasa pada umumnya membutuhkan 400 mikrogram asam folat per hari. Sedangkan wanita hamil membutuhkan asam folat 800 mikrogram. Asam folat pada ibu hamil juga sangat berperan penting untuk perkembangan dan pertumbuhan sejak embrio hingga bayi lahir dari mulai otak juga organ-organ tubuh.

Informasi tersebut saya dapat dari aplikasi GueSehat seputar ibu hamil. Sebagai pasangan muda, hamil muda, dan minim informasi tentang dunia kehamilan khususnya, aplikasi GueSehat sangatlah membantu kami. Saya dan istri biasanya browsing via google  untuk mendapatkan wawasan sebagai bekal menghadapi masa-masa kehamilan dan menjelang lahirnya buah hati.

Namun sayangnya beribu artikel yang kami baca seolah ada keganjilan. Tidak sinkron. Contohnya : Dari web X, konsumsi makanan A dilarang untuk ibu hamil sedangkan di web lain makanan A boleh untuk dimakan. Pokoknya banyak sekali informasi yang bertolakbelakang. Apalagi mitos-mitos dibalik kehamilan, seperti jangan makan sepiring berdua nanti ari-arinya besar, ibu hamil harus makan di piring kecil supaya bayinya tidak terlalu besar keluarnya, dan masih banyak lagi saran-saran yang perlu ditinjau ulang dari segi medis.

Setelah diluncurkannya aplikasi GueSehat pada acara Kompasiana Nangkring 31 September 2017. Dengan mengusung Turn Back Hoax.  Itu istilah dari saya. Hehe Saya pun "terpaksa" karena tidak ada pilihan dan mungkin satu-satunya pilihan untuk mendownload  aplikasi GueSehat.

Keseruan Nangkring (Sumber : Arsip Kompasiana Nangkring bareng GueSehat)
Keseruan Nangkring (Sumber : Arsip Kompasiana Nangkring bareng GueSehat)
Intinya validitas dari artikel informasi kesehatan yang berasal dari GueSehat sangatlah terjaga. Negative content, Hoax,  mitos, dan informasi lainnya yang tidak benar kevalidannya tidak akan ada di aplikasi GueSehat.

Saya termasuk pengguna aplikasi GueSehat dan merasakan manfaatnya. Di era digital ini, semuanya serba mudah dan terfasilitasi dengan hanya sekali touch  di handphone  kita. Saya sudah install  aplikasi GueSehat, E-Health one stop solution. Dan ternyata, banyak sekali informasi yang bisa saya aplikasikan bagi saya.

Terkhususnya bagi istri saya sedang hamil. Setiap hari pasti browsing artikel seputar kehamilan. hehe

Minimnya informasi kehamilan dan banyaknya kekhawatiran dalam masa kehamilan membuat kami berusaha mengumpulkan informasi sebanyak mungkin dari aplikasi ini. Seperti contoh kasus ketika istri sering buang air kecil ketika hamil muda, apakah itu wajar atau tidak? Akhirnya saya temukan jawabannya. Adapun konsumsi makanan apa saja yang mengandung asam folat yang harus dikonsumsi pada tri semester pertama.

Screen Shoot Kang Ferry dari Aplikasi GueSehat
Screen Shoot Kang Ferry dari Aplikasi GueSehat
Mungkin itu hanya sebagian contoh yang bisa diperlihatkan. Betapa pentingnya kita mengambil informasi yang baik dan valid demi kesehatan diri sendiri dan keluarga kita.

Karena saya juga baru pertama kali menjadi calon ayah. Saya juga butuh informasi tentang pendampingan semasa kehamilan istri. Apalagi ketika hormonalnya berubah yang seolah-olah dia bukan seperti istri saya yang dulu. Haha

Screen Shoot Kang Ferry dari aplikasi GueSehat
Screen Shoot Kang Ferry dari aplikasi GueSehat
Tapi berkat informasi yang didapat, saya sebagai suami mencoba mengerti dan pastinya juga bersabar untuk menghadapi perubahan hormon yang ada pada istri. Extra sabar intinya. Hehe

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun