Mohon tunggu...
Badruz Zaman
Badruz Zaman Mohon Tunggu... Human Resources - Penghobi olah huruf A s.d. Z

Pengharap Indonesia Maju

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Temanggal, Deklarasikan Diri sebagai Desa Pengawasan

14 Oktober 2021   08:19 Diperbarui: 14 Oktober 2021   09:10 73 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

CatatanBadruz - 'Kami masyarakat desa Temanggal kecamatan Adimulyo berkomitmen untuk berpartisipasi aktif dalam pengawasan Pemilu dan Pilkada'. 

Begitulah bunyi salah satu kalimat deklarasi masyarakat desa Temanggal setelah sebelumnya mengucapkan kalimat-kalimat komitmen taat dan menjunjung tinggi Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan menjaga keutuhan NKRI serta membangun demokrasi yang bersih, tertib, aman, damai, jujur dan bermartabat.

Dengan nada keras dan kompak masyarakat desa Temanggal mendeklarasikan diri sebagai desa pengawasan Pemilu pada Rabu, 13 Oktober 2021 di Rumah Organik yang terletak di desa Adikarto Adimulyo. 

Deklarasi dipimpin oleh kepala desa Temanggal Ahmad Mujaki bersama perwakilan unsur masyarakat sebanyak 20 orang. Ahmad Mujaki memilih peserta dengan komposisi variatif lengkap. Ada perangkat, BPD, PKK, petani, buruh, tokoh agama dan pemuda, tegas Mujaki.

Mujaki berharap kedatangan Bawaslu dapat mendorong masyarakat desa Temanggal dalam membangun bangsa dan negara melalui kesadaran politik yang tinggi. 

Peserta terundang hari ini lebih banyak didominasi generasi muda karena untuk meneruskan yang senior di desa. Sehingga nanti ketika waktunya tiba memimpin, generasi sekarang sudah siap dengan pengetahuan yang mumpuni termasuk pengetahuan demokrasi dan Pemilu bermula dari kesiapan kita menjadi desa pengawasan yang dibentuk Bawaslu, harap mujaki.

Desa Temanggal kecamatan Adimulyo Kebumen menyusul menjadi desa pengawasan Pemilu. Desa Temanggal merupakan desa pengawasan Pemilu ke 3 yang dibentuk oleh Bawaslu Kebumen ditahun 2021. 

Atau desa pengawasan ke 6 setelah Bawaslu membentuk 3 desa pengawasan di tahun 2020 silam yaitu desa Padureso kecamatan Padureso, desa Kedungbulus Prembun, desa Ngasinan Mirit. 

Sebelum desa Temanggal, di tahun 2021 ini telah terbentuk desa Pengawasan yaitu desa Ayamputih Buluspesantren dan desa Tegalrejo Poncowarno. Bawaslu masih akan membentuk desa pengawasan satu lagi. Sehingga sampai akhir tahun 2021 ini total desa pengawasan sebanyak 7 desa.

Disamping desa pengawasan, Bawaslu telah membentuk 8 desa Anti Politik uang. Total hingga akhir tahun 2021 ini terdapat 15 desa mitra Bawaslu yaitu 7 desa pengawasan dan 8 desa anti politik uang. 

Desa anti politik uang yang telah dibentuk Bawaslu adalah desa Tersobo (2019), desa Pandansari Sruweng, desa Tambaksari Kuwarasan, desa Mergosono Buayan (2020), desa Jatimulyo Alian, desa Jatimulyo Petanahan, desa Banioro Krangsambung dan desa Sadangkulon Sadang (2021).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan