Mohon tunggu...
M. Hafizhuddin
M. Hafizhuddin Mohon Tunggu... Mediocre

Anggota Komunitas Tidur Berdiri di KRL

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Liga 1 Lanjut Digelar Tanpa Penonton, Normal bagi Sepak Bola Kita

13 Juli 2020   08:30 Diperbarui: 13 Juli 2020   16:29 153 10 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Liga 1 Lanjut Digelar Tanpa Penonton, Normal bagi Sepak Bola Kita
Laga Persipura Jayapura vs Persib Bandung pada putaran kedua musim lalu digelar di Stadion Delta Sidoarjo tanpa dihadiri penonton (23/09/2019). (Sumber foto: liga-indonesia.id)

PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator Liga 1 memastikan bahwa kompetisi akan digelar kembali mulai 1 Oktober 2020. Hal tersebut tertuang dalam surat bernomor 244/LIB-COR/VII/2020 yang disusun setelah koordinasi lanjutan dengan PSSI, Kamis (09/07).

Ini merupakan respons atas Surat Keputusan PSSI akhir Juni lalu. Ada beberapa pertimbangan yang memang mengharuskan PSSI mengambil langkah tersebut, salah satunya soal kerugian ekonomi akibat kompetisi terhenti.

Bagi penggemar sepak bola lokal, ini menjadi kabar baik. Awalnya kita harap-harap cemas akan kelanjutan Liga 1, mengingat kasus positif Covid-19 di Indonesia terus naik dari hari ke hari. Di saat negara lain sudah me-restart liganya, kita belum.

Dengan keluarnya keputusan tersebut, sekiranya gairah yang tengah redup perlahan bisa dibangkitkan lagi. Namun pastinya ada hal-hal yang harus disesuaikan dan masih ada kemungkinan lainnya, mengikuti perkembangan kondisi pandemi.

Sedikit flashback, Liga 1 musim 2020 sudah bergulir selama 3 pekan sebelum akhirnya ditangguhkan. Persib Bandung memimpin klasemen sementara dengan 9 poin, satu-satunya tim yang menyapu bersih 3 laga dengan kemenangan.

Nah, jika pada kompetisi lain ada aturan-aturan khusus, bagaimana dengan Liga 1?

Digelar Tanpa Penonton dan Dipusatkan di Pulau Jawa
Dalam suratnya, PT LIB mengeluarkan 7 keputusan terkait kompetisi musim ini. Salah satu poinnya jelas familiar buat kita. Ya, seluruh pertandingan nanti digelar tanpa penonton.

Di liga-liga top Eropa seperti Inggris, Italia, atau Spanyol, poin ini mungkin dianggap new normal. Agak janggal melihat laga-laga seru dengan tribun yang kosong. Namun situasi tersebut jelas bukan hal baru di Tanah Air.

Persib Bandung pernah merasakan separuh laga kandangnya harus digelar tanpa penonton, tepatnya di musim 2018. Saat itu Persib bahkan harus terusir dari Bandung akibat sanksi yang didapat seusai kejadian tewasnya 1 suporter di pertandingan versus Persija, 23 September 2018.

Musim lalu hal ini juga dialami oleh Persipura Jayapura yang terpaksa pindah kandang ke Sidoarjo karena Stadion Mandala di Jayapura harus direnovasi untuk persiapan PON 2020. Juga kebetulan saat itu situasi di Papua sedang memanas sehingga cukup riskan menggelar laga.

Entah mengapa di Sidoarjo kala itu, pihak kepolisian tidak mengizinkan laga melawan Persela Lamongan dan Persib Bandung dihadiri penonton. Padahal dalam sejarahnya tidak ada bentrokan antarsuporter.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN