Mohon tunggu...
M. Hafizhuddin
M. Hafizhuddin Mohon Tunggu... Aktor - Kang Apis

Anggota Komunitas Tidur Berdiri di KRL

Selanjutnya

Tutup

Hobby Artikel Utama

3 Tips Menikmati Drama Korea bagi Pemula

13 Juni 2020   08:48 Diperbarui: 13 Juni 2020   13:49 1221
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Salah satu scene di K-Drama populer awal tahun 2020, Hospital Playlist (Sumber: program.tving.com)

K-Drama, atau orang kita biasa menyebut drakor (Drama Korea), kini sedang ramai-ramainya dibahas. Kalau di circle saya sebenarnya sudah tak aneh berbagi daftar tontonan drakor. Namun kali ini yang setahu saya tidak tertarik malah mulai ikut heboh.

Sepertinya ini imbas dari karantina, di mana orang-orang mencari hiburan agar tidak bosan di rumah saja. Terlebih untuk mengaksesnya saat ini lebih mudah.

Dengan berlangganan platform streaming populer seperti Viu yang memang diperuntukkan tayangan-tayangan Asia, atau Netflix yang cakupannya lebih global, Anda disuguhkan beragam drakor dari berbagai genre dan tahun produksi.

Televisi swasta Tanah Air sejak bertahun-tahun lalu juga sebenarnya kerap menayangkan drakor hanya saja tidak secara konsisten. Contohnya Full House (tayang di Indosiar tahun 2005), Boys Before Flower  (Indosiar, 2009), atau The Heirs (RCTI, 2016).

Tentu karena televisi masih jadi primadona saat itu (eh sekarang masih gak sih?), saya beberapa kali menonton meski tidak begitu menyimak jalan ceritanya. Apalagi saya masih usia sekolah, jadi nonton sekadarnya saja.

Nah, memasuki masa kuliah, banyak "waktu kosong" yang akhirnya saya manfaatkan untuk menonton drakor. Kalau tidak salah, Pinnochio (2014) jadi awal mula saya nonton (lagi) drakor. Sebab Pinnochio bercerita tentang lika-liku kehidupan jurnalis, kebetulan relate dengan program studi saya di kampus.

Setelah itu saya pun ketagihan dan mencari yang lain, mulai dari Reply 1988, Goblin, dan sebagainya. Tapi saya termasuk yang pilih-pilih banget sih. Malah yang populer kayak Descendant of the Sun, Crash Landing on You, atau The World of Married itu enggak saya tonton.

New Normal ala Penikmat Drama Korea

hancinema.net
hancinema.net
Beberapa hari lalu saya baru menamatkan Hospital Playlist, salah satu drakor tahun 2020 yang sebenarnya pengin saya rekomendasikan ke pembaca sekalian. Perlu dibikin artikelnya sendiri enggak ya? Hehehe.

Intinya drakor tersebut bercerita tentang kehidupan profesi dokter yang digambarkan dengan intim, hangat, dan sangat manusiawi, berpusat pada 5 tokoh yang sudah bersahabat sejak kuliah kedokteran.

Mereka adalah Lee Ik-jun (diperankan Jo Jung-suk), Chae Song-hwa (Jeon Mi-do), Ahn Jeong-won (Yoo Yeon-suk), Kim Jun-wan (Jung Kyoung-ho), dan Yang Seok-hyung (Kim Dae-myung). Kelimanya adalah dokter dengan spesialisasi berbeda, sehingga problemnya beragam.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun