Mohon tunggu...
M. Hafizhuddin
M. Hafizhuddin Mohon Tunggu... Kang Apis

Anggota Paguyuban Tidur Berdiri di Commuter Line

Selanjutnya

Tutup

Teknologi Artikel Utama

Neil Armstrong dan Bola Sepak di Ruang Angkasa

20 Juli 2019   07:50 Diperbarui: 23 Juli 2019   08:13 0 3 0 Mohon Tunggu...
Neil Armstrong dan Bola Sepak di Ruang Angkasa
(ilustrasi: shutterstock/multifocus)

Hampir tiap hari, atau mungkin memang setiap hari, saya mengakses laman Google untuk keperluan pekerjaan. Hal yang menarik saat membuka Google tentu saja Google Doodles yang muncul untuk memperingati suatu peristiwa di hari itu.

Pada edisi 19 Juli 2019 mereka mengambil momen 50 tahun pendaratan Apollo 11 di Bulan untuk pertama kali, yang membawa Neil Armstrong, Buzz Aldrin, dan Michael Collins mencetak sejarah. 

Jika Doodles tersebut diklik, Anda akan disuguhkan sebuah video animasi yang menceritakan perjalanan Apollo 11 sejak lepas landas pada 16 Juli 1969 hingga mendarat pada 20 Juli 1969. Dipandu narasi yang dibawakan Michael Collins.

"That's one small step for [a] man, one giant leap for mankind." menjadi kalimat historis yang keluar dari mulut Armstrong ketika kakinya berpijak di Bulan.

Di hari itu, Amerika Serikat merasa puas karena bisa "mengalahkan" Uni Soviet. Sebab delapan tahun sebelumnya Soviet lebih dulu mengutus Yuri Gagarin untuk menjadi astronot pertama yang terbang ke luar angkasa. Gagarin berhasil bertahan di luar angkasa selama 108 menit dan mendapat banyak penghargaan.

Hingga saat ini tidak sedikit orang yang masih menyangsikan kebenaran peristiwa 50 tahun lalu itu. Tentu saja banyak yang beranggapan bahwa Armstrong dan Buzz tak benar-benar mendarat di Bulan. Baik foto, video, dan berkas pendukung lainnya disebut hasil rekayasa AS yang tak ingin kalah dari Uni Soviet untuk urusan eksplorasi ruang angkasa. 

Terlepas dari isu tersebut, ada rumor lain yang juga menarik perhatian saya sebagai penikmat sepak bola. Dilansir dari Newsxind, Armstrong dikabarkan ingin membawa bola sepak ke Bulan. Namun hal itu ditentang NASA. Alasannya? Sepak bola dinilai "enggak Amerika banget".

Memang menilik sejarahnya, alih-alih menggunakan kata "football", mereka menyebut sepak bola sebagai "soccer". Bagi AS, football adalah bola berbentuk lonjong berwarna coklat yang dimainkan dengan tangan dan para pemainnya menggunakan helm, yang kita kenal sebagai american football atau rugby. Sepak bola bukan olahraga mereka.

Saya sendiri tidak bisa memastikan kebenaran soal rumor tersebut, karena hingga tulisan ini dibuat tidak ada referensi resmi yang bisa didapatkan. Tidak ada pernyataan dari Armstrong sendiri ataupun NASA.

Sepak Bola ke Luar Angkasa

(sumber: ESPN/Mike Bollacke)
(sumber: ESPN/Mike Bollacke)
28 Januari 1986, pesawat ulang-alik Challenger milik NASA meluncur pada misinya yang kesepuluh. Sebelum itu, seorang awak keturunan Jepang bernama Ellison Onizuka terlebih dulu "dititipi" bola sepak oleh anaknya, Janelle Onizuka yang bergabung dalam Lady Falcons, klub sepak bola Clear Lake High School.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x