Mohon tunggu...
Taryadi Sum
Taryadi Sum Mohon Tunggu... Insinyur - Taryadi Saja

Asal dari Sumedang, sekolah di Bandung, tinggal di Bogor dan kerja di Jakarta. Sampai sekarang masih penggemar Tahu Sumedang

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Refund Gagal Transaksi LAZADA Menjebak, Uang 565 Ribu Saya Ditelan LAZADA

23 Oktober 2020   15:50 Diperbarui: 23 Oktober 2020   15:54 1367
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Tanggal 27 Agustus 2020, saya melakukan pembelian untuk sebuah produk senilai Rp. 596.000,- dengan nomor pesanan 452530957258628 berdasarkan info bahwa penjual berasal dari Tiongkok melalui perjalanan udara.  Saya tahu bahwa harga itu tidak realistis, tetapi karena saya yakin kalua via LAZADA uang saya aman, saya mencoba siapa tahu memang benar.

Tanggal 29 Agustus 2020 saya mendapat pesan dari LAZADA bahwa pembelian barang dibatalkan, dan akan dilakukan proses pengembalian uang.

Pada tanggal 2 September 2020, ada pesan untuk mengisi nomor rekening jika pengembalian dana ingin dimasukan Kembali ke rekening. Dalam pesan tersebut, ada peringatan jika dalam 2x 24 jam tidak ada pengisian nomor rekening, dana akan dijadikan VOUCHER REFUND.  Saya sudah melakukan 3 (TIGA) kali tetapi tidak tahu apakah berhasil atau tidak karena tidal terlihat  notifikasi apapun setelah penulisan nomor tersebut.

Tanggal 8 September saya mendapat pengembalian dana dari transaksi yang batal berupa voucher refund. Saya tidak tahu apa yang menyebabkan setelah pengisian no rekening itu tidak mendapat pemberitahuan jika pengisian nomor rekening sudah berhasil.

Tanggal 9 September  saya melakukan transaksi nomor 456418855558628 senilai 37.400 (Harga barang 31.300 dan Ongkir 6.100). Pembayarannya (di luar ongkir) saya coba menggunakan voucher refund tersebut. Dalam pemahaman saya, voucher refund hanya akan memotong senilai transaksi tersebut sebagaimana halnya DOMPET di BUKALAPAK, informasi yang ada di petunjuk adalah voucher refund hanya bisa diaktifkan 1 kali (saya fikir pengaktifan itu hanya kode voucher saja yang sekali publish dan harus disimpan  untuk dipergunakan transaksi berikutnya selama dana tersisa)

Setelah itu saya mencoba transaksi seperti itu lagi tetapi voucher tersebut ternyata tidak bisa digunakan dan baru setelah beberapa hari baru menemukan tanda bahwa VOCHER TELAH TERPAKAI.

Saya merasa terjebak oleh system seperti itu, yang SEHARUSNYA pada saat konsumen akan menggunakan pilihan itu diberi peringatan kalua itu voucher itu hanya untuk sekali transaksi saja. Mohon fihak LAZADA dapat memperbaiki kondisi itu sehingga sisa uang saya bisa kembali, yaitu Rp. 596.000-31.000 = 565.000.  

Barangkali ada pembaca yang tahu cara menyelamatkan uang itu...? Agar hati-hati bertransaksi di Lazada karena produk PENJEBAK nya banyak sekali .....

Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun