Mohon tunggu...
Taryadi Sum
Taryadi Sum Mohon Tunggu... Insinyur - Taryadi Saja

Asal dari Sumedang, sekolah di Bandung, tinggal di Bogor dan kerja di Jakarta. Sampai sekarang masih penggemar Tahu Sumedang

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

6 Hari Perjalanan Darat Demi Sisa Rupiah (Bagian Ketiga)

19 November 2017   00:04 Diperbarui: 19 November 2017   00:22 427
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Cerita sebelumnya di sini dan di sini

Setelah sehari semalam menunggu, akhirnya  ferry yang mau menyeberang dari Labuhan Bajo ke Sape datang juga. Seperti pada angkutan lain pada umumnya, yang akan turun dipersilahkan lebih dulu sebelum yang akan naik.  Cukup mengagetkan juga karena yang pertama turun adalah puluhan babi. Duh, telanjang pula..... heheh.

Tak banyak yang bisa diceritakan dalam perjalanan ferry tersebut selain terasa sangat lambat dan menjemukan. Dengan kecepatam sekitar 4 atau 5 knot, akhirnya saya sampai di Pelabuhan Sape, Pulau Sumbawa. Hanya ada satu informasi yang bermanfaat, bahwa di sekitar perjalanan itu terdapat Pulau Komodo, yang merupakan habitat endemiknya komodo yang dianggap sebagai sisa binatang purba tersebut.

Setelah menempuh perjalanan darat ke Kota Bima, pusat keramaian paling timur pulau tersebut. Dari sini semua penumpang yang ke arah barat memulai perjalanan baru dengan bis malam.  Aneh juga jadwal perjalanan bis di kota ini, ada sekitar 10 pilihan tetapi berangkatnya hampir sama jam 7 malam. Saya memilih yang sampai Kota Mataram saja, sedangkan 3 teman kami langsung naik bis yang jurusan Surabaya sehingga selesai sudah kebersamaan dengan mereka.

Setelah sampai di Mataram, saya mendapat informasi bahwa untuk menyeberang ke Bali harus naik angkutan umum ke Pelabuhan Lembar.  Sayapun menjalani itu tanpa masalah. Di pelabuhan ini saya cukup lama berjalan-jalan mencari informasi yang paling baik.Ternyata ada dapat  juga  cara mayeberang  yang murah yaitu  ikut truk barang  yang akan ke Denpasar  yang isinya masih 2 orang dan cukup kasih tips saja saya sampai di Denpasar dengan murah.   

Setelah sampai di Denpasar, saya baru nelpon istri di rumah mengabarkan kalau saya sudah sampai Bali. Saya sampaikan juga bahwa menurut informasi penduduk, saya ada pada posisi yang cukup dekat dengan Pantai Kuta yang terkenal itu. Saya juga mengatakan   kalau tidak akan mampir ke pantai yang terkenal di dunia itu.  

Sebetulnya istri membolehkan saja kalau sekedar lihat-lihat, tetapi saya katakan tak ingin menikmati keindahan panorama alam  itu sendirian.  Saya jadi terharu sendiri dan hampir menangis ketika berjanji bahwa saya hanya akan menikmati indahnya kehidupan ini bersama-sama.

Halaaah jadi melow deh..............

Bersambung lagi

Mohon tunggu...

Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun