Mohon tunggu...
Kang Marakara
Kang Marakara Mohon Tunggu... Wiraswasta - Pengangguran Terselubung

Belajar dan mengamalkan.hinalah aku,bila itu membuatmu bahagia.aku tidak hidup dari puja-pujimu

Selanjutnya

Tutup

Puisi Pilihan

Puisi: Terlalu Lama Menanti Senja

21 Maret 2023   19:44 Diperbarui: 21 Maret 2023   19:46 294
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.


Terlalu lama menanti senja, tak terasa tempat berpijak telah menjadi samudera, di kelilingi rumput kering bukan savana, langit menaungi ternyata bermotif ukiran relief di pelataran candi arjuna.


Aku tergagap, menyaksikan gelap hendak menyergap. Butir hujan yang ku simpan di kelopak mata, jatuh berderai berupa guntingan koran berisi kabar duka cita. Selembar terlewat, senja memutuskan menunda semburat merah sebagai tanda setiakawan.


Bukan maksud hati hendak mematahkan semangat, namun rasa pegal di kaki berpindah menjadi skandal hebat di gedung pemerintahan. Mungkin ini jauh terdengar dari konteks, menyamakan penantian dengan kebosanan, mengharap perubahan ternyata adalah kebingungan akan kenyataan.


Terlalu lama menanti senja, hingga berita di kanal sosial media membunyikan alram kecemasan. Bukan daku yang takut ketinggalan, tapi sekumpulan perempuan dan sejumlah lelaki berjas mahal sibuk menutupi kecurangan.


Jika senja urung datang, itu bukan persoalan besar, karena keadilan telah padam, kebenaran sejati mati dengan mulut menghadap tuan pemegang kekuasaan. Bukankah itu kiamat kecil sebelum aku meneguk manisnya secawan senja di balik gedung di sebuah jalan utama ibu kota negara.

#####

Baganbatu, maret 2023

Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun