Mohon tunggu...
Kang Marakara
Kang Marakara Mohon Tunggu... Wiraswasta - Pengangguran Terselubung

Belajar dan mengamalkan.hinalah aku,bila itu membuatmu bahagia.aku tidak hidup dari puja-pujimu

Selanjutnya

Tutup

Puisi Pilihan

Puisi: Andai Aku Bisa

26 Februari 2023   10:35 Diperbarui: 26 Februari 2023   10:36 95
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Andai aku bisa, memberi bibit padi super istimewa, tigapuluh hari panen dengan gabah kering melimpah. Tersenyumlah petani di ujung senja, tercukupi biaya anak kuliah. Ibu rumahtangga tidak marah kepada pencari nafkah, pemerintah baik citranya. Andai aku bisa.

Ketika musim panen tiba, kalkulasi harga dipotong biaya, keran impor masih di buka. Apakah ini sejenis wabah dusta diantara kita, atau ini bentuk keletihan pemangku kuasa menyediakan sepiring nasi bagi rakyatnya.

Hingga detik ini, tidak ada yang mengaku salah. Belum ada pihak yang merasa telah menjerumuskan bangsa agraria. Mengapa? Tanya ini bisa berbuntut panjang sebagai keteledoran menjaga amanah.

Andai aku bisa, setiap ketikkan huruf di puisi ini menumbuhkan sebutir nadi di tengah sawah, akan aku tulis sejuta puisi di Kompasiana. Tak peduli bukan artikel utama, tak peduli pembacanya hanya duapuluh lima, terpenting, swasembada yang pernah dijanjikan entah oleh siapa, bukan lagi wacana, bukan mimpi penunggu periuk nasi berisi batubata.

#####

Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun