Mohon tunggu...
Kang Marakara
Kang Marakara Mohon Tunggu... Wiraswasta - Pengangguran Terselubung

Belajar dan mengamalkan.hinalah aku,bila itu membuatmu bahagia.aku tidak hidup dari puja-pujimu

Selanjutnya

Tutup

Puisi Pilihan

Puisi: Bercermin

6 Februari 2023   06:34 Diperbarui: 6 Februari 2023   06:49 288
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mari sejenak meluangkan waktu, bercermin kepada sesuatu secara utuh, mematut diri mencari titik tersembunyi tentang diri. Bercerminlah pada kaca jendela, spion mobil tanpa perlu memikirkan mereknya. Pada segumpal batu, pada genangan air di kubangan trotoar jalan sembilan, atau sesekali bercermin kepada tetanggamu, karibmu, bahkan bila perlu, bercerminlah kepada seseorang yang selama ini engkau anggap sebagai musuh.

Fokus, jangan terkecoh oleh kerutan dibawah kantung mata. Itu hanya jasmaniah. Selami diri tentang waktu, usia telah beribu, tentang secuplik efisode kelam memendam palsu.

Bercerminlah, minimal sekali dalam sewindu, atau rutinkanlah sebagai bagian dari mencari siapa aku yang sesungguhnya aku. Selami lebih dalam, tatap dan amati perubahan, siapa tahu dalam sekejap perjalanan, kita telah berevolusi dari manusia menjadi seperti manusia, dari beretika berubah seekor serigala pemangsa sesama.

Mari bercermin.

#####

Baganbatu, februari 2023

Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun