Mohon tunggu...
Kang marakara
Kang marakara Mohon Tunggu... Wiraswasta

Belajar dan mengamalkan.hinalah aku,bila itu membuatmu bahagia.aku tidak hidup dari puja pujimu

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

17 Agustus Pawai dan Karnaval, Setelah Itu Apa?

19 Agustus 2019   10:05 Diperbarui: 19 Agustus 2019   10:24 702 6 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
17 Agustus Pawai dan Karnaval, Setelah Itu Apa?
Persiapan mengikuti karnaval 17 agustus. Sumber : dok pribadi

Ada nuansa yang berulang di setiap tanggal 17 agustus setiap tahunya. Setelah upacara bendera di lapangan,maka yang paling di nanti-nanti adalah karnaval untuk memeriahkan hari kemerdekaan republik Indonesia.

Lelaki- perempuan, tua- muda apalagi bagi pelajar, ini adalah saatnya menunjukan indentitas diri di balut aneka pakaian tradisional setiap daerah di indonesia, pakaian dinas profesi seperti guru, tentara, perawat, petani, nelayan, dan aneka atribut dan hiasan lainya.

Para peserta karnaval dengan baju adat di Indonesia. Sumber : dok pribadi
Para peserta karnaval dengan baju adat di Indonesia. Sumber : dok pribadi
Jalanan semakin semarak dengan aneka kendaraan yang di hias cantik, tentu saja dengan tema kemerdekaan NKRI. Belum lagi bendera, umbul-umbul, aneka hiasan di sepanjang jalan yang tentu saja menambah suasana semakin meriah dan luar biasa.

Masing-masing peserta akan berusaha menampilkan yang terbaik bagi penikmat karnaval. Persiapan bisa berlangsung seminggu sebelum acara dan semakin sibuk menjelang berlangsungnya karnaval. Semua menikmatinya, semua bersuka ria.

Cukupkah dengan karnaval?

Aneka kendraan hias peserta karnaval.sumber : dok pribadi
Aneka kendraan hias peserta karnaval.sumber : dok pribadi
Kadang saya bertanya-tanya di dalam hati mengapa setiap memperingati hari kemerdekaan 17 agustus, kita sepertinya lebih mementingkan karnaval atau pawai? Perhatian dan semangat kita seakan-akan tercurah untuk mempersiapkan segala hal yang berhubungan dengan acara arak-arakan tersebut.

Memang bila di lihat dari animo masyarakat yang menyaksikan,acara karnaval setiap 17 agustus pasti menyedot perhatian dari masyarakat, mungkin acara karnaval ini hanya bisa di saingi oleh panjat pinang,bola dangdut, lomba kelereng,dan aneka lomba khas 17 agustus lainya.

Animo masyarakat luar biasa menyaksikan karnaval. Sumber : dok pribadi
Animo masyarakat luar biasa menyaksikan karnaval. Sumber : dok pribadi
Masyarakat rela berpanas-panasan untuk melihat arak-arakan peserta karnaval, para peserta karnavalpun rela berkorban biaya, tenaga, waktu, untuk memeriahkan hari kemerdekaan setiap tahunya.pertanyaanya adalah,Setelah acara karnaval yang meriah dan menyedot perhatian ini usai,apa selanjutnya yang kita lakukan untuk merawat NKRI?

Di tengah isu perpecahan yang menghawatirkan, politik indentitas yang mulai bangkit, kerukunan antar ummat beragama yang tak henti tercabik-cabik, isu sosial tentang keadilan dan kemiskinan yang begitu luar biasa, apakah karnaval punya efek positf bagi kesadaran berbangsa dan bernegara?

Belum lagi isu korupsi dan kekayaan negara yang entah lari kemana, karnaval akhirnya hanya menjadi sekedar hiburan sesaat bagi masyarakat untuk melupakan segala ruwetnya kondisi bangsa.karnaval usai,masyarakat akan kembali di suguhi fakta kehidupan yang jauh dari perbaikan dari sisi ekonomi, hukum, keadilan, ketimpangan kaya dan miskin, dan seabrek masalah lainya.

Merawat bangunan kebangsaan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN