Mohon tunggu...
Kang marakara
Kang marakara Mohon Tunggu... Wiraswasta

Belajar dan mengamalkan.hinalah aku,bila itu membuatmu bahagia.aku tidak hidup dari puja pujimu

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Lebaran, yang Bisa Saya Maknai

4 Juni 2019   13:17 Diperbarui: 4 Juni 2019   13:34 43 12 5 Mohon Tunggu...
Lebaran, yang Bisa Saya Maknai
Masjid agung teluk kuantan. dok: pribadi/ps express

Ramadhan sudah sampai di penghujung, insyaallah besok kita merayakan hari raya idul fitri. Tapi bagi kita di Indonesia, lebaran tampaknya lebih ngetop untuk menyebut hari raya idul fitri.

Ada mudik lebaran, kue lebaran, baju lebaran, thr lebaran, dan lain lain istilah yang mengiringi hari raya lebaran. Tentu sangat jarang kita jumpai ada orang menyebut mudik hari raya idul fitri, kue idul fitri, baju idul fitri, dan lain sebagainya.

Lalu apa makna "lebaran" yang bisa saya pahami maknanya?

1) lebarkan hati dan perasaan

lebaran adalah saat kita lebarkan hati,lebarkan perasaan,lebarkan jiwa untuk meminta maaf dan memaafkan segala kesalahan dan kehilapan selama ini. Semua rasa dendam, benci, kecurangan,kesalahan harus dicairkan dengan saling bermaaf-maafan.

Ilustrasi pixabay.com
Ilustrasi pixabay.com
Maka aneh rasanya bila lebaran tapi kita masih belum bisa meminta maaf kepada orang lain.dan lebih celaka lagi bila momen lebaran ternyata kita masih belum bisa memberi maaf kepada orang lain

2) Lebarkan tangan

Ilustrasi pixabay.com
Ilustrasi pixabay.com
Lebaran adalah saat bagi kita untuk lebarkan tangan selebar lebarnya.dengan penuh kasih sayang, kita lebarkan tangan kita untuk menolong orang orang yang kekurangan dan didera kemiskinan di sekitar kita.kita bantu mereka, kita angkat derajat kehidupan mereka.

Dengan kelebihan materi yang kita punya, saat lebaran adalah saat yang tepat untuk membuktikan tanda syukur kita kepada tuhan atas segala limpahan rezeki dan karunianya.

Maka celakalah kita bila di hari lebaran kita justru berfoya-foya memperturutkan hawa nafsu semata.makna lebaran sebagai hari membuka lebar lebar kasih sayang untuk membantu sesama, akan kehilangan keagunganya.

3) Lebarkan silaturahim

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN