Mohon tunggu...
Kang marakara
Kang marakara Mohon Tunggu... Wiraswasta

Belajar dan mengamalkan.hinalah aku,bila itu membuatmu bahagia.aku tidak hidup dari puja pujimu

Selanjutnya

Tutup

Thrkompasiana Pilihan

Sedekah Vs Belanja: Mana yang Lebih Besar Pengeluarannya?

11 Mei 2019   12:16 Diperbarui: 11 Mei 2019   12:26 0 6 2 Mohon Tunggu...
Sedekah Vs Belanja: Mana yang Lebih Besar Pengeluarannya?
Ilustrasi uang recehan.sumber : pixabay.com

Ramadhan adalah bulan ibadah yang penuh dengan keutamaan.semua hal bisa bernilai ibadah dengan ganjaran berlipat ganda,bila di landasi iman dan taqwa semata mengharap ridhaNYA.

Salah satu ibadah yang di anjurkan dan di utamakan di bulan ramadhan adalah sedekah.ALLAH akan membalas berlipat ganda kepada siapa saja dari ummatnya yang dengat niat ikhlas memberi sedekah membantu sesamanya.

sabda rasulullah dalam hadistnya:

sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.(HR.Tirmidzi,di shahihkan Al-AlBani dalam shahih At-Tirmidzi.614)

sedekah vs belanja

Ilustrasi hendak memberi sedekah.sumber : pixabay.comIlustrasi uang recehan.sumber : pixabay.com
Ilustrasi hendak memberi sedekah.sumber : pixabay.comIlustrasi uang recehan.sumber : pixabay.com

Tapi sejauh mana kita mampu memaknai sedekah sebagai suatu amalan ibadah yang bernilai mulia?  kita mungkin mau mengeluarkan sedekah,kita bisa saja memberi pertolongan kepada sesama.terlepas dari apapun niat kita melakukan semua itu,adakah kerelaan dan keikhlasan ketika melakukan?

Ataukah kita hanya merasa rela dan ikhlas memberi sedekah bila nominalnya hanya recehan saja?tapi kita lebih mengutamakan biaya belanja membeli segala keperluan ramadhan yang kadang kadang sangat berlebihan.

Maka untuk mengetahui apakah kita itu sudah termasuk orang orang yang gemar menolong orang yang sedang kesusahan dengan bersedekah,coba timbang dan hitung biaya belanja anda sehari hari dengan uang yang anda sedekahkan.

Bila nilai uang atau barang yang anda sedekahkan lebih besar dari nilai pengeluaran untuk belanja selama ramadhan,maka anda mudah mudahan termasuk golongan ahli sedekah

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x