Mohon tunggu...
Kang Marakara
Kang Marakara Mohon Tunggu... Wiraswasta - Pengangguran Terselubung

Belajar dan mengamalkan.hinalah aku,bila itu membuatmu bahagia.aku tidak hidup dari puja-pujimu

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Orang yang Takut Pedas Pun Bisa Nikmati Sambal

28 April 2019   14:54 Diperbarui: 28 April 2019   15:01 67
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sambal kecap. sumber : tribunstyle.com

Saya termasuk orang yang tidak terlalu menyukai yang pedas pedas.omongan pedas,caci maki pedas,bisik bisik pedas,apalagi sambal pedas,melihat judulnya yang ada"pedasnya" saja langsung  gelagapan.

Tapi tuhan memang maha adil.saya yang tidak suka pedas,di karunia istri yang pintar masak lagi tahu selera suami,takut pedas.maka di ciptakanlah khusus untuk saya sebuah racikan "sambal" tapi jauh dari kata pedas.tidak pedas tapi tetap ada embel embel sambalnya.

Sambal kecap

biarpun namanya keren dan menyiratkan sesuatu yang bercitarasa pedas,tapi di tangan koki jempolan seperti istri saya yang rela mengabdi demi suami,sambal yang pedas di modifikasi dengan tambahan aksesoris baru yang aduhai rasanya.pedas pelan pelan di singkirkan,berganti dengan aroma manis kecut nan gurih menghilangkan rasa takut.

Resepnya sederhana dan sama seperti umumnya sambal.cabe rawit secukupnya,bawang merah sebagai kawanya,tomat di iris tipis sebagai pemanis tampilan,kecap manis sebagai penyempurna rasa,gula penambah gurih dan romantis suasana,dan jangan lupa beberapa siung bawang putih penghangat aroma.

Giling kasar sebagai lambaran,tumis sebentar di atas wajan.tuangkan kecap dengan nada cinta,pelan bahkan syahdu.dan terakhir adalah senyum manis dari sang istri tercinta sebagai garnisnya.lengkap bin komplet.

Biasanya di santap dengan tahu goreng,tempe mendoan,kerupuk,bahkan di campur nasi hangatpun rasanya tetap maknyus.apalagi sore sore sehabis gajian,suasana ceriah lebih terasa.istri bahagia,saya gembira,ATM terisi pula.sambal kecap memang perlambang cinta.

Itulah sekelumit kisah saya dengan sambal kecap pavorit dan istri tercinta.bagi anda yang takut pedas,bisa ikuti kisah saya tersebut.tapi syaratnya cuman satu,cari istri yang pintar masak dan pengertian.salam sambal kecap.

pedasnya sambal masih bisa ku akali,tapi cinta pada istri berbakti sampai matipun akan ku tepati.sambal tanda cinta,sambal tanda sayang.

         salam kang marakara

Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun