Mohon tunggu...
Kanaya Febrianti Rachmantika
Kanaya Febrianti Rachmantika Mohon Tunggu... Lainnya - mahasiswa

hobi membaca buku dan bermain basket

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengalaman Gladi Hominisasi

5 Oktober 2022   12:40 Diperbarui: 5 Oktober 2022   12:43 107
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Selama proses Gladi Homanisasi saya mengikuti arahan yang dikirim lewat email, dan mengikuti dengan serius. Ketika hari H saya bersemangat dan bingung pada awalnya, namun saat mulai dalam zoom saya merasa banyak nilai-nilai yang dapat diambil dari sana. Saya mulai masuk ke dalam breakoutroom dan awalnya saya berdiam diri dengan kelompok saya, lalu saya memberanikan diri mencairkan suasana dan saling berkenalan dengan anggota kelompok saya. Tidak lama setelah itu, fasilitator masuk kedalam breakoutroom, disana saya belajar untuk berbahasa yang lebih sopan namun menarik sehingga suasana menjadi lebih menyenangkan dan tugas yang diberikan dengan kelompok saya dapat dijalani.

Perlunya berkemampuan logika dan bahasa yang baik dan benar sebagai warga negara terlihat dari pengamalan saya diatas. Dengan dua faktor tersebut semua berjalan efektif, menyenangkan, dan suasananya menjadi memadai untuk melanjutkan tujuan awal dari berkenalan. Sama halnya dengan menjadi warga negara apabila kita mempunyai kemampuan untuk berbahasa dan berlogika dalam masyarakat semua berjalan harmonis, mencairkan suasana/suasana menjadi lebih nyaman di lingkungan sosial, mendapat hal positif lainnya, dapat berupa informasi yang tidak disangka dibutuhkan dan bermanfaat.

Setelah melalui acara tersebut saya merasa lebih peduli terhadap sekelilling saya, lebih belajar akan memperhatikan isu-isu yang sedang terjadi saat ini di Indonesia, memproses semuanya dan berusaha mengamalkan nilai-nilai cinta tanah air, kehidupan berbangsa dan bernegara, melatih saya dalam bersosialisasi via online, belajar akan managing time ketika membuat tugas, mana yang dapat saya prioritaskan dan tidak, walaupun semua informasi yang ada penting. Dalam kuliah saya menjadi lebih mengatur waktu saya dalam belajar, mengerjakan tugas, dan memisahkan mana yang lebih prioritas (didahulukan). Dengan acara ini saya merasa berterimakasih atas kesempatannya, membuat saya ingin mengikuti acara-acara seperti ini lagi, untuk menambah relasi dan melatih bersosialisasi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun