Mohon tunggu...
ka nando
ka nando Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Konten favorit mengenai F&B product

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pelaksanaan KKN-T Berbasis SDGs Desa di Kelurahan Arjuna Kecamatan Cicendo Kota Bandung

9 Agustus 2022   11:35 Diperbarui: 9 Agustus 2022   11:44 56 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

(Pada tanggal 11 juli hingga 9 agustus tahun 2022, Kelurahan Arjuna, Kecamatan Cicendo, Bandung, Jawa Barat. Rabu) telah berlangsung nya kegiatan KKN Tematik, namun ditahun ini mahasiswa dari universitas Pendidikan yang beranggotakan 5 (lima) orang ditugaskan untuk menjalankan KKN ini dengan tema yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yaitu " Pemberdayaan Masyarakat Berbasis SDG's Desa dan MBKM-PUSPRESNAS KEMDIKBUDRISTEK " yang dipecahkan Kembali menjadi beberapa tema kecil, dan salah satunya adalah tema " Desa tanpa kemiskinan " yang menjadi tema inti yang harus dikerjakan dan dilaksanakan terkhusus kelompok kecil 37 yang mengambil lokasi KKN di Kelurahan Arjuna, kecamatan cicendo Kota Bandung Jawa Barat.

Program kerja KKN Tematik yang dilakukan oleh mahasiswa UPI terkhusus kelompok kecil 37 ini mengarah kepada menelaah tingkat pelayanan Kesehatan serta pendidikan di lingkungan masyarakat Kelurahan arjuna bagi masyarakat yang tergolong miskin. Dimana Kesehatan serta Pendidikan menjadi salah satu indikator dari tingkat kesejahteraan masyarakat yang bisa memberantas kemiskinan dimasa depan. 

Kegiatan yang dilakukan kelompok mahasiswa yaitu mendata warga Kelurahan arjuna yang sudah mendapatkan atau melakukan vaksin Booster atau yang bahkan belum sama sekali melakukakan vaksin covid-19 satu dan dua (primer). Bedasarkan hasil analisis dan perhitungan, warga di wilayah Kelurahan arjuna secara keseluruhan baru mencapai 45% warga yang sudah terdata sudah melakukan vaksib booster dan hal itu masih kurang dari standar minimum yang diterapkan Kelurahan arujuna yaitu sebesar 50%. Upaya yang dilakukan kedepannya adalah melakukan koordinasi dengan para RW untuk Bersama-sama mengajak agar warga yang belum vaksin booster untuk segera melakukan vaksin sebagai upaya terpenuhi dan meratanya pelayanan Kesehatan.

Program pelayanan Kesehatan yang dilakukan oleh kelompok yaitu ikut terlibat dalam acara Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) yang sudah menjadi program kerja rutin di Kelurahan arjuna, pada kegitan tersebut tiap-tiap anggota kelompok mendatangi wilayah RW yaitu RW 03, RW 05, RW 06, RW 07. Kegiatan BBGRM ini tersebar di 4 titik wilayah Kelurahan arjuna. 

Kegiatan selanjutnya yang dilakukan kelompok mahasiswa adalah melakukan sosialisasi atau pematerian tentang pentingnya menabung pada anak usia sekolah jenjang SD dan juga SMP di Rumah Iqra dan Al-Qur'an yang berlokasikan di RW 05 kelurahan Arjuna. Kegiatan ini dilakukan dengan harapan agar anak-anak memiliki dan mampu menumbuhkan kesadaran akan pentingkan menabung sejak dini agar menjadi pembiasaan yang positif dimasa depan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan