Mohon tunggu...
Sam Kamuh
Sam Kamuh Mohon Tunggu... Editor

Live your life with good thoughts, good words, good deeds.

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Dapatkah Anda Melihat?

25 Februari 2020   04:34 Diperbarui: 25 Februari 2020   05:18 28 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dapatkah Anda Melihat?
azgarden.com

Tetra Meksiko (atau ikan gua buta) adalah ikan air tawar yang ditemukan di Texas selatan dan bagian tengah / timur Meksiko.  Ada sekitar 30 populasi berbeda dari ikan jenis ini yang buta dan hidup di gua-gua yang dalam, di mana tidak ada cahaya.  Bentuk ikan bermata dan tanpa mata ini berasal dari spesies yang sama.  Saat lahir, semua memiliki mata --- tetapi mereka yang berada di gua gelap kehilangan kemampuan untuk melihat.

Tetra buta masih dapat menemukan jalannya melalui 'garis sisi' mereka yang sangat sensitif terhadap tekanan air.  Mata mereka, yang tidak digunakan, hanya merosot dan kulit tumbuh di atasnya.

Genetika modern telah menunjukkan bahwa kurangnya penggunaan bagian tubuh, tidak selalu berarti ia akan sepenuhnya hilang.  Baru-baru ini, beberapa ilmuwan telah menemukan bahwa ikan gua buta dapat "melihat" (setidaknya dalam beberapa  kondisi) cahaya oleh karena adanya kelenjar pineal di otak mereka.

Suatu hari Yesus berjalan melalui Yerikho dan seorang yang buta memanggil, "Yesus, Anak Daud, kasihanilah aku!"  (Lukas 18:38).  Orang lain mencoba mendiamkannya tetapi dia menangis lebih keras.

Yesus mendengar tangisannya dan meminta untuk melihatnya.  Setelah ditanya oleh Yesus apa yang dia inginkan, dia berkata, "Tuhan, supaya aku dapat melihat" (ayat 41).  Kemudian Yesus berkata kepadanya, "Melihatlah engkau;  imanmu telah menyelamatkan engkau" (ayat 42).

Seseorang pernah berkata, "Iman melihat apa yang tidak dapat Anda lihat."  Jika itu masalahnya, maka orang buta ini bisa "melihat" sebelum dia bisa melihat!  Dia tahu bahwa Kristus adalah Anak Allah yang hidup dan dapat menyembuhkannya.

Terkadang orang yang melihat dengan baik dengan mata alami mereka, namun mata rohani mereka buta.  Mereka tidak dapat membedakan kebenaran Alkitab atau merasakan pekerjaan Roh Kudus dalam hidup mereka.

Mereka perlu disembuhkan dari kebutaan rohani mereka.  Seperti ikan tetra yang buta, mereka harus dikeluarkan dari tempat gelap dan dibawa ke dalam terang.

Kisah para rasul 28:27

Sebab hati bangsa ini telah menebal, dan telinganya berat mendengar, dan matanya melekat tertutup; supaya jangan mereka melihat dengan matanya dan mendengar dengan telinganya dan mengerti dengan hatinya, lalu berbalik sehingga Aku menyembuhkan mereka.

Doug Batchelor

VIDEO PILIHAN