Mohon tunggu...
Kamsia Junari
Kamsia Junari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Tiada alasan untuk tidak menulis

Menulis adalah manifestasi dari jiwa yang tidak sempat di luapkan dalam ucapan

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Manfaat Puasa bagi Kesehatan

5 Desember 2021   02:56 Diperbarui: 5 Desember 2021   04:52 42 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

`manfaat puasa bagi kesehatan
Saum atau puasa bagi orang muslim adalah menahan dari dari maka dan minum serta segala perbutan yang bisa membatalkan puasa, mulai dari terbit fajar hangga terbenamnya matahari.
Menurut kesehatan, puasa dapat menyehatkan tubuh. Karena puasa  bisa disebut diet yang paling aman dengan minimal 16 jam periode puasa dan 8 jam periode makan. Puasa juga merupakan Cara terpopuler untuk menurunkan berat badan serta dapat menggantikan sel-sel tubuh.


Hikmah puasa adalah agar kita sehat. Hal ini dikarenakan dalam berpuasa ada pembatasan asupan makanan, keteraturan makan, dan pengendalian diri. Karena adanya ketiga unsur ini maka orang orang yang berpuasa bisa disebut orang orang yang sedang menjaga kesehatannya


Berbagai penelitian juga menunjukan bahwa orang yang berpuasa penuh selama satu bulan akan mengalami daya tahan tubuh yang baik. Dibandingkan orang yang tidak berpuasa. Orang-orang yang sering berpuasa juga daya tahan tubuhnya akan kuat dan kebal terhadap berbagai macam firus. Untuk itu puasa merupkan hal yang sangat penting dalam menjaga stablitas imun tubuh.
Secara medis manfaat puasa bagi kesehatan adalah sebagai berikut:


1. Menyehatkan jantung
Luar bisanya, puasa ternyata sudah dikaitkan dengan kesehatan jantung.  Hal ini menunjukan bahwa orang yang berpuasa sudah tentu memiliki kondisi tubuh lebih sehat dibandngkan orang tang tidak berpuasa.

2. Menurunkan resiko kanker
Risiko kanker akan menurun saat seorang rutin menjalankaa puasa. Hal ini terjadi karena selam puasa laju pembelahan dalam sel akan berkurang seiring factor pertumbuhan yang menurun

3. Mengurangi resiko terinfksi penyakit
Orang orang yang sering berpuasa adalah orang orang yang sedang menjaga stabilitas imun tubunhya. Jika kondisi imun tubunya telah baik maka tenyyunya akan terhndar dari berbagai macam firus yang membahayakan tubuh.

4. Mendapatkan berat badan ideal
Orang orang yang sering berpuasa berat badannya akan lebih ideal dibandingkan orang yang tidak berpuasa. Ini dikarenakan orang yang berpuas membatasi pola makannya secara aman, keteraturan makan nya juga dijaga serta pengendalian dirinya juga sudah di batasi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan