Mohon tunggu...
Kamaruddin
Kamaruddin Mohon Tunggu... Jurnalis - .

Mengingat bersama dengan menulis

Selanjutnya

Tutup

Kurma Pilihan

Sutrah dari Syakila

20 April 2022   17:26 Diperbarui: 20 April 2022   17:32 377
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kisah Untuk Ramadan. Sumber ilustrasi: PAXELS

Selasa 19 April 2022. Ba'da tarawih.

Malam itu, setiba di salah satu masjid, gadis kecil kira-kira berusia 7-8 tahun duduk di teras masjid. Ia mengenakan mukena warna hijau tosca bordir. Tampak sedang asik memainkan karet di tangannya.

Sebagian jamaah sudah mulai keluar, pertanda tarawih 8 baru selesai. Dua shaf tersisa, kurang lebih 20 jamaah untuk melanjutkan tarawih hingga 23 raka'at. Saya sedikit terlambat, sebelum shalat tarawih berjemaah, saya memutuskan shalat Isya terlebih dahulu.

Saya berdiri di dekat tiang penyangga dalam masjid, terpisah dengan shaf lain. Sesaat setelah takbiratul ihram, gadis kecil tadi bangkit dari duduknya, lalu berdiri tepat dihadapan saya. Membuat shalat jadi tidak khusyuk.

Dengan wajah polos, dia terus menatap ke arah saya. Kemudian tepat di rakaat kedua, tiba-tiba dia meletakkan sutrah atau pembatas shalat yang terbuat dari kayu di depan saya.

"Om tarok ini ya, biar gak ada yang lewat," ucapnya lugu. Lalu memutar arah ke belakang saya.

Gadis kecil itu tampak paham betul cara menghormati orang yang sedang shalat. Saya jadi mengerti alasan dia berdiri di depan dan memperhatikan saya shalat.

Begitu selesai shalat Isya saya memutuskan untuk mengobrol sejenak dengan suara kecil seperti orang berbisik. Karena shaf pertama dan kedua masih mendirikan salat tarawih.

"Lagi nunggu siapa," tanya saya.

"Nunggu Abi," jawabnya.

"Umurnya berapa,".

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun