Mohon tunggu...
Kamaruddin
Kamaruddin Mohon Tunggu... Jurnalis - Mengingat bersama dengan cara menulis

.

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Eksotisme Danau Toba, Warisan Dunia di Jantung Sumatera

18 September 2021   18:52 Diperbarui: 18 September 2021   18:59 208 4 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Eksotisme Danau Toba, Warisan Dunia di Jantung Sumatera
Pemandangan Danau Toba dari Bukit Holbung (Instagram/danau_tobasamosir)

Danau Toba adalah mata dan telinga pariwisata dunia. Di jagat nyata dan maya, danau impian penggila piknik ini masuk sepuluh keajaiban dunia. Kemasyhurannya setara kita mengunjungi Plitvice, seonggok danau penuh pesona di Kroasia, sewarna batu turqoise (pirus) yang dialiri air terjun kecil.

Danau Toba yang membentang di antara Pemukiman Ambarita, Kepulauan Samosir, Sumatera Utara, itu juga masuk dalam situs warisan dunia United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

Dengan segala keindahan alam dimiliki, danau menyerupa lautan seluas 1.130 km  itu mampu menghipnotis setiap mata yang memandang. Segumpal  beban di kepala seketika mencair jika kita menikmati eksotisme danau Toba, Haritge of Toba yang "terperangkap" di pulau Sumatera.  

Berpagarkan pegunungan menjulang tinggi, air danau yang jernih membiru menjadi daya tarik pamungkas. Setiap pagi, bias cahaya matahari setia menyinari permukaan danau, menyelinap dari balik pegunungan nan cantik. Dan dari perairannya yang bening, terpancar refleksi panorama pegunungan di sekitar sehingga tampak semakin memukau. Sungguh menakjubkan!

Kelok 8 Sibeabea Danau Toba (Instagram/Samosir_indah)
Kelok 8 Sibeabea Danau Toba (Instagram/Samosir_indah)

Sulit membayangkan jika ada tempat lebih indah untuk dikunjungi selain Danau Toba di Sumatera Utara ini. Pemandangan pegunungan hijau, udara sejuk serta alam yang masih terjaga baik adalah penampakan keindahan panorama sebagian kecil danau raksasa ini.

Danau Toba terletak 900 meter di atas permukaan laut. Bertahun-tahun dikunjungi  wisatawan lokal dan mancanegara, popularitas danau Toba di mata turis asing masih sohor dan menggoda. Apalagi menginjakkan kaki di danau Toba serasa sedang menjelajah surga kecil di negeri ini.

Dan di dunia, kedalaman 450 meter danau ini mengukuhkan diri sebagai danau terdalam di jagat raya. Ada pulau Samosir di tengahnya, pulau sebanding luas dengan negara Singapura. Danau Toba juga telah menjelma menjadi primadona idaman para wisatawan dalam dan luar negeri. Meski  saat ini turis asing masih dibatasi akibat pandemi COVID-19.

Untuk diketahui, Indonesia mempromosikan potensi wisata Meeting, Incentive, Convention, Exhibition (MICE) yang ada di Tanah Air dalam pameran bertema MICE terbesar di Amerika Serikat (AS). Termasuk diantaranya Danau Toba. Jadi, MICE di Indonesia Aja untuk menjaring wisatawan mancanegara (wisman) pada segmen bisnis.

Antara Legenda dan Sains

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Wisata Selengkapnya
Lihat Wisata Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan