Mohon tunggu...
kamara ahmad
kamara ahmad Mohon Tunggu... Guru - Guru Pendidikan Agama Islam
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Hoby bermain catur, menulis dan membaca. BATITI ADAT BANUA HARAT, BASULUH IMAN DUNIA TARANG.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Pengembangan Profesi Guru di Era Digital

23 Agustus 2022   22:51 Diperbarui: 23 Agustus 2022   23:00 145 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

PENGEMBANGAN PROFESI GURU DI ERA DIGITAL. 

Oleh Ahmad Kamara,S.Ag (Guru SMP Negeri 3 Kusan Hilir-Tanah Bumbu)

Sekarang guru menghadapi masa globalisasi yang tidak dapat ditolak dan dibatalkan, melainkan harus dihadapi. Mau tidak mau, suka tidak suka, siap tidak siap, kita harus menghadapinya dan menerima segala dampak negatif dan positifnya. Karena itu, tantangan yang kita hadapi sebagai guru adalah bagaimana kita dapat memanfaatkan semaksimal mungkin peluang globalisasi itu dan meminimalkan dampak negatif ancamannya.

Kunci berhasilnya atau tidaknya suatu bangsa ada pada bidang pendidikan, dunia pendidikan merupakan modal dalam mempersiapkan masa depan peradaban dunia, sehingga pemerintah perlu mengembangkan strategi pendidikan, melalui kebijakan pendidikan yang berorientasi pada kualitas menyeluruh, menurut George S. Papadopoulus, kebangkitan pendidikan sebagai gerbang bagi kemakmuran masa depan.

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat menuntut kita semua untuk dapat menerima dengan senang dan gembira bahwa kemajuan kita sudah mulai terbangun sedikit demi sedikit dalam memperjuangkan tujuan pendidikan. Kesungguhan itu perlu adanya realisasi kita semua bahwa tujuan itu tidak mungkin bersama dibangun tanpa gotong royong dan saling membantu untuk mengembangkan dan berkembangnya keinginan yang bulat kita.

Perkembangan tujuan pendidikan membutuhkan tenaga dan kecerdasan para penerus bangsa ini, karena teknologi semakin maju dan berkembang. Selain kecerdasan, kalian sebagai penerus bangsa pun harus memiliki budi pekerti dalam kehidupan sehari-hari agar kecerdasan intelektual yang kalian miliki seimbang dengan akhlak mulia yang tertanam dalam diri. Hal itulah yang menjadikan diri kita sebagai penerus para pahlawan bangsa.

Sebagai penerus bangsa khususnya guru, kendala guru yang dihadapi pada era digital atau era canggih sudah berbeda pula tantangannya. Guru tidak perlu lagi menulis dipapan tulis, sudah ada peralatan modern dalam kegiatan pembelajaran. Cara memperoleh pengetahuan pada zaman sekarang ini bisa diperoleh lewat beragam media dan sumber belajar. Guru yang merasa paling pintar dan paling mampu akan tergilas oleh kemampuan peserta didik yang mungkin lebih cekatan dalam mengakses informasi dan pengetahuan baru.

Profesi Era Digital

Berperan sebagai guru yang penuh tantangan dan kesulitan serta perubahan zaman bukan perkara yang dihindari khususnya perkembangan teknologi yang juga membawa kebaikan sekaligus memberi dampak negatif pada berbagai bidang kehidupan.

Arus informasi saat ini bagi guru membutuhkan kemampuan menyaring informasi yang benar dalam membimbing dan menuntun peserta didik yang terkena paham yang tidak benar, apalagi sekarang orang belajar agama dari guru google hingga terjebak pada ajaran yang salah dan menyesatkan.

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi hampir saja menggantikan peran guru. Guru harus lebih cerdas, harus siap untuk uji dalam setiap langkah yang ditempuhnya, harus siap mengajar walau sarana dan prasarana terbatas bahkan banyak hal lagi yang tetap harus dihadapi dengan tenang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan