Mohon tunggu...
Kamalia Fitri Rizki
Kamalia Fitri Rizki Mohon Tunggu... mahasiswa

Bila kita mampu memimpikannya, kita pun mampu mewujudkannya.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Pentingnya Pedidikan Karakter

11 Oktober 2019   01:05 Diperbarui: 11 Oktober 2019   02:22 0 12 0 Mohon Tunggu...

Pendidikan merupakan suatu proses pembelajaran kepada peserta didik agar memiliki pengetahuan dan keterampilan terhadap sesuatu dan membuatnya menjadi seorang manusia yang kritis dalam berpikir. 

Tujuannya adalah untuk mencerdaskan dan mengembangkan potensi yang ada di dalam diri para peserta didik. Dengan pertumbuhan kecerdasan dan potensi diri maka setiap anak akan memiliki ilmu pengetahuan, keterampilan, kepribadian yang baik, mandiri, dan menjadi anak yang bertanggungjawab.

Pendidikan karakter merupakan pendidikan yang bertujuan untuk membangun sebuah karakter seseorang agar menjadi lebih baik. Pendidikan karakter ini menekankan untuk membentuk pribadi yang baik antara perilaku dan sikap yang dimilikinya. 

Oleh karena itu, pendidikan karakter mampu mengatasi kepentingan dan keterbatasan diri sendiri. Dalam pendidikan karakter bisa dilakukan dengan berbagai macam diantaranya:

a. Pendidikan karakter internal 

Pendidikan karakter internal itu bisa didapatkan dari peran keluarga dalam membentuk kepribadian atau karakter itu sendiri seperti peran ayah, ibu, kakak dalam keluarga yang bisa menjadi contoh yang baik untuk karakter seseorang.  Pendidikan karakter ini menjadi sangat penting karena sifat dari keluarga itu sendiri akan menjadi contoh karakter orang yang ada dalam keluarga tersebut. Orang tua merupakan tameng dari pendidikan karakter tersebut, karena peran orang tua dalam mendidik anak sangat besar. Jika orang tuanya memiliki sifat kejeniusan maka kemungkinan karakter tersebut akan diturunkan kepada anaknya.

b. Pendidikan karakter eksternal

Pendidikan karakter eksternal biasanya dapat didapatkan ditempat seperti sekolah, organisasi, tempat bermain, atau bergaul bersama dengan teman yang baik. Pendidikan karakter eksternal juga sangat penting untuk didapatkan oleh seseorang karena pendidikan karakter eksternal inilah yang menjadi tempat untuk meningkatkan kualitas karakter yang baik dari orang tersebut.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x