Mohon tunggu...
Yourkalis Kompasiana
Yourkalis Kompasiana Mohon Tunggu... https://www.youtube.com/channel/UC2diGW2vQTiL9a_mIVtnaSQ

Yourkalis Geographic Youtube Video : https://www.youtube.com/channel/UC2diGW2vQTiL9a_mIVtnaSQ Nasib bangsa ada di tangan anak mudanya Bersatu anak muda, berjaya bangsanya.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Penanganan Covid-19 yang Efektif akan Mempercepat Berakhirnya Pandemi di Indonesia

16 April 2020   16:42 Diperbarui: 17 April 2020   08:25 215 0 0 Mohon Tunggu...

Semakin banyak pemeriksaan dan titik pemeriksaan Covid-19, semakin besar pula risiko penularan baik bagi tim medis, orang yang diperiksa, maupun orang yang berada di sekitar pada saat itu karena di sana pasti terjadi pergerakan (interaksi) orang yang berdekatan.

Artinya, memperbanyak pemeriksaan bukanlah cara yang benar untuk mencegah. Mencegah itu adalah menahan, memblokir, menghentikan, atau menjauhi. 

Rumah sakit pun dapat menjadi titik penularan jika dicampur antara pasien Covid-19 dan pasien biasa meskipun berbeda gedung. Termasuk isolasi mandiri pun bukanlah alternatif yang efektif

Selain rumah sakit, bandara juga termasuk titik penyebaran virus selama bandara tersebut tidak ditutup. Terutama masuk ke toilet bandara dan rumah sakit sangat berisiko karena di dalam banyak percikan air liur yang sudah terbang dan berpotensi besar terhirup oleh orang yang sedang bernapas di sekitar. 

Kita bahkan tidak dapat memastikan apakah percikan air liur terbangnya hanya 1 meter atau lebih karena banyak faktor yang mempengaruhi seperti angin dan tekanan udara. Sebaiknya jendela atau ventilasi di kamar mandi dan toilet dibuka dibuka jika perlu serta orang tetap menggunakan masker semaksimal mugkin.

Jadi, cara yang efektif adalah mengisolasi pasien positif, PDP, dan ODP (terutama pendatang/pemudik) di pulau khusus atau kawasan khusus masing-masing kelompok terpisah gedung minimal 1 km. 

Tentu saja diberikan fasilitas yang layak dan pelayanan yang benar kepada mereka, termasuk kepada tim medis dan tim lain yang menjaga dan melayani mereka. 

Isolasi seperti ini sebaiknya segera dilakukan sebelum jumlah pasien atau penderita meningkat karena jika sudah terlambat akan sangat menyulitkan baik dari sisi medis, prosedur, stok bahan makanan, bantuan, mata pencaharian, perdagangan, ibadah, keamanan dan ketertiban, pertahanan, pendidikan, serta kesehatan orang banyak. Penanganan Covid-19 yang efektif akan mempercepat Pandemi ini berakhir.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x