Mohon tunggu...
Alfitri Rahmatullah
Alfitri Rahmatullah Mohon Tunggu... Mahasiswa PLS UNP

Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Milenial Rawan Narkotika

18 Mei 2021   11:13 Diperbarui: 18 Mei 2021   22:03 82 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Milenial Rawan Narkotika
obat-obatan-terlarang-60a3d6fa8ede48178210a192.jpg

Generasi milenial adalah generasi yang rawan dengan penyalahgunaan narkotika. Pada era 4.0 atau era digital ini, semua informasi dapat diterima, dicari, dan ditemui dalam jaringan.

Kelompok masyarakat rentang umur 15 - 35 tahun atau generasi milenial sangat membutuhkan perhatian khusus, dikarenakan angka penyalahgunaan narkotika dikalangan pelajar semakin meningkat tiap tahunnya.

Keterbatasan cara pandang remaja, sulit untuk menunda keinginan mereka, ibarat anak kecil yang berdandan dewasa. Oleh karena itu, remaja sangat rentan akan penyalahgunaan narkotika, dikarenakan masa remaja adalah masa yang sangat labil dan mudah mengalami stress dan frustasi.

Banyaknya anggapan bahwa masa muda adalah masa dimana mencoba hal hal baru, namun sayangnya keinginan para remaja untuk mencoba hal hal baru sering kelewat batas dan menjurus ke hal hal negatif seperti penyalahgunaan narkotika

Ada beberapa penyebab yang dapat penulis paparkan mengenai sebab kenapa remaja rentan dengan narkotika :

1. Pelarian masalah

Kebanyakan dari remaja memilih dunia luar untuk menenangkan diri mereka dari masalah yang mereka hadapi. Bentuk pelarian ini bisa merujuk kepada hal hal yang negatif diluar sana, narkoba adalah hal yang paling sering dijadikan pelarian masalah bagi remaja saat ini.

2. Kesenangan sesaat

Yang awalnya iseng iseng untuk mencoba untuk memperoleh kesenangan belaka, namun kebahagiaan semu tersebut dapat menjadikan kecanduan untuk ingin mencoba lagi, lagi dan lagi.

3. Faktor Lingkungan 

Remaja saat ini sangat tidak ingin untuk ketinggalan hal hal baru. Dengan ikut ikutan teman agar diterima di kelompok mereka rela untuk mencoba sampai kecanduan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN