Mohon tunggu...
Amalia Kairani Mardiana
Amalia Kairani Mardiana Mohon Tunggu... Pelajar Multimedia SMKN 50 Jakarta

Lahir di Jakarta dengan berbagai beban hidup menjadi pacuan seseorang untuk terus berkarya dan berusaha.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Berbagai Tradisi yang Mengakar kuat|#Lebarandirumahaja

24 Mei 2020   09:10 Diperbarui: 24 Mei 2020   09:20 23 10 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Berbagai Tradisi yang Mengakar kuat|#Lebarandirumahaja
Ilustrasi : Happy Eid Mubarak

Masya Allah tabarakallah sudah tinggal hitungan jam,para umat muslim akan merayakan Hari yang spesial. Hari yang telah lama ditunggu-tunggu kedatangan nya oleh banyak kalangan orang. Tak heran jika kedatangannya disambut dengan cara yang beragam lagi unik. Namun tahun ini Qadarullah Ramadhan dan Hari Raya menjadi berbeda sedikit dari tahun-tahun sebelumnya.

Ada beberapa tradisi Hari Raya di Indonesia yang unik dan hanya terjadi di Indonesia. Berikut penjelasannya :

1.Mudik

Di urutan pertama, ada tradisi yang sudah mendarah daging bagi warga Indonesia.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), mudik secara harafiah mengandung arti "pulang ke kampung halaman" atau juga "berlayar (pergi) ke udik (hulu sungai, pedalaman".Mudik menjadi salah satu cara untuk melepas rindu dengan sanak saudara di kampung halaman, setelah setahun lamanya tak jumpa. Meski perjalanan dari kota ke kampung cukup melelahkan dan menguras energi dan materi, namun menjadi hilang ketika melihat saudara dan orangtua sehat dan sejahtera disana.

2. Takbiran keliling kampung


Tradisi ini biasa dilakukan setelah sholat isya dengan berbagai perlengkapan untuk bertakbir,seperti bedug, obor juga kendaraan yang menabuh bedug. Kegiatan ini menjadi kegiatan rutinan dan sudah menjadi tradisi yang mengakar, khususnya bagi masyarakat Indonesia. Bagi mereka menggemakan takbir dan berkeliling kampung, merupakan salah satu cara untuk meramaikan dan menyemarakan Hari Raya umat muslim.

3. THR

Tunjangan Hari Raya atau yang biasa disingkat THR. Merupakan salah satu hal yang ditunggu-tunggu juga nih bagi semua kalangan, khususnya para pekerja. THR merupakan salah satu ciri khas nya dari Hari Raya di Indonesia. Selain itu, THR juga merupakan bentuk rasa terima kasih dan syukur terhadap Allah dan sesama karena telah memaafkan dan mengampuni kesalahan-kesalahan di masa lampau, sehingga Hari Raya bisa dilalui dengan rasa kemenangan.

4. Ketupat


Rasanya tak lengkap jika lebaran tanpa ketupat,sebuah sajian khas lebaran yang dihidangkan untuk sanak saudara yang berkunjung. Selain ketupat, alternatif yang bisa menggantikan ketupat sebagai karbohidrat adalah lontong,yaitu makanan yang dimasak menggunakan daun pisang.
Ketupat hadir di Indonesia dengan berbagai kreativitas dan keunikan tersendiri di berbagai daerah.

Meskipun sedang #dirumahaja, tak menyurutkan semangat untuk tetap memasak dan membuat berbagai olahan khas lebaran. Karena bagi sebagian kepercayaan adat, memasak berbagai olahan Hari Raya merupakan salah satu bentuk syukur kepada tuhan karena telah dipertemukan oleh Hari Raya idul fitri.

5. Berkunjung ke Rumah Tetangga

Selain berkunjung ke kampung halaman, tak lengkap jika tetangga rumah sebelah tidak saling mengunjungi dan bermaaf-maafan satu sama lain. Tradisi ini biasa dikenal "halal bi halal" yang sudah menjadi kegiatan rutin tahunan yang wajib saat Hari Raya tiba.
Namun berhubung saat ini sedang pandemi, penyampaian maaf dan halal bi halal harus tetap memerhatikan phscycal Distancing.

Sebagai penutup saya mengucapkan Minal aidin wal faidzin, Mohon Maaf lahir dan Batin. Tak terasa sudah banyak tulisan saya sedikit banyak telah menyita kolom kompas meskipun hanya hitungan menit bahkan detik. Artikel ini sekaligus menjadi penutup di semester ini. Saat nanti saat saya masuk sekolah, in syaa Allah udara segar kelas baru, akan tercium.Awal semester adalah awal baru untuk membuat strategi baru untuk terus memperjuangkan impian dan cita-cita.

Terima kasih untuk bapak guru matematika saya, yg telah menganjurkan membuat akun ini, serta para pembaca senior yang banyak menginspirasi dan memberikan semangat kpd saya...
Semangat...
 Semangat kalian semua...
 Sampai bertemu di semester depan...
Semoga kita dipertemukan di tulisan-tulisan selanjutnya... In syaa Allah.

Sumber : https://www.cermati.com/artikel/amp/10-tradisi-lebaran-yang-unik-di-berbagai-negara


VIDEO PILIHAN