Mohon tunggu...
SUPRIYANTO CAKEP
SUPRIYANTO CAKEP Mohon Tunggu...

aku adalah mahasiswa fkip uns kampus 6 kebumen

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Berbicara "irama dan Melodi"

21 November 2010   03:03 Diperbarui: 26 Juni 2015   11:26 436 0 0 Mohon Tunggu...

Irama dalam musik sering juga disebut dengan "ritme" kata  "ritme" sendiri berasal dari bahasa yunaniyaitu ῥυθμός – rhythmos yang berarti "suatu ukuran gerakan yang simetris" sehingga dapat diartikan irama /ritme dalam musik yaitu suara yang teratur dan monoton.

Dalam sebuah musik irama /ritme dapat diibaratkan sebagai denyut jantungnya sebuah musik,sehingga apabila sebuah musik tidak ada iramanya maka musik tersebut akan melayang/kabur atau tidak memiliki makna saat didengarkan.

Iramaatau ritme terdiri dari susunannada nada pendek dan panjang,nada yang bertekanan tinggi , nada yang bertekanan rendah dan nada yang tak bertekanan,menurut sebuah pola tertentu dan berulang -ulang,sehingga dalam sebuah situasi bermusik irama/ritme merupakan denyut janungnya musik,sehingga tanpa iramaatau ritme musik tersebut  tak bisa hidup dan bernafas.

MELODI berasal dari bahasa yunani μελῳδία - melōidía yaitu bernyanyi berteriak.sehingga dalam bermusik melodi adalah serangkaian nada dalam suatu waktuertentu. Rangkaian tersebut dapat dibunyikan sendirian, yaitu tanpa iringan, atau dapat merupakan bagian dari rangkaian akord dalam waktu (biasanya merupakan rangkaian nada tertinggi dalam akord-akord tersebut).

Melodi terbentuk dari sebuah rangkaian nada secara horisontal. Unit terkecil dari melodi adalah moif. Motif adalah tiga nada atau lebih yang memiliki maksud atau makna musikal. Gabungan dari Motif adalah Semi Frase, dan gabungan dari Semi Frase adalah Frase (Kalimat). Sebuah melodi yang paling umum biasanya terdiri dari dua Semi Frase yaitu kalimat tanya (Antisiden) dan kalimat jawab (Konsekuen)

Melodi sering terbentuk dari satu atau lebih frase musik atau motif, dan biasanya diulang-ulang dalam lagu dalam berbagai bentuk. Melodi juga dapat digambarkan oleh gerak melodis.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x