Mohon tunggu...
Kahfi
Kahfi Mohon Tunggu... Wiraswasta - Penikmat wacana sosial, politik, agama, pendidikan, dan budaya

Manusia bebas yang terus belajar dalam kondisi apapun, Jangan biarkan budaya menjiplak ditengah ekonomi yang retak.

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Keterampilan dan Gaji Impian

27 Agustus 2021   05:04 Diperbarui: 27 Agustus 2021   05:08 117 8 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Keterampilan dan Gaji Impian
Ilustrasi pribadi/ Hasil dari gaji impian yang diterima

Dalam dunia kerja tentu yang menjadi pertimbangan pertama ialah tentang gaji impian, lantaran dengan gaji yang diterima akankah terpenuhi kebutuhan hidup sehari-hari serta tabungan uang gaji tersebut untuk keperluan mendesak, membeli alat transportasi (mobil dan motor) atau bahkan membeli rumah

Oleh karenanya, terkadang beberapa perusahaan ketika memasang iklan lowongan pekerjaan ada yang mencantumkan jumlah gaji dan ada pula yang hanya mencantumkan sesuai UMR (upah minimum regional).

Namun ada pula perusahaan yang tidak menyertakan nominal gaji. Sehingga, pembicaraan gaji saat tes wawancara berlangsung manakala berkas administrasi diterima oleh suatu perusahaan tentunya. 

Untuk itu sebelum melamar pekerjaan disebuah perusahaan yang tidak mencantumkan nominal gaji/negotiable adalah pelamar perlu memastikan sebuah keterampilan yang dimiliki, apakah dibutuhkan atau tidak dalam perusahaan tersebut. 

Bila keterampilan yang dimiliki sangat mendukung dan menunjang untuk kemajuan apalagi akan mempengaruhi omset perusahaan maka pelamar bisa saja mengajukan gaji yang lebih besar dibandingkan upah minimum provinsi yang ditetapkan. 

Namun, bila keterampilan itu standar dan tidak akan mempengaruhi omset secara signifikan maka cukup dengan sesuai UMR dan beberapa tunjangan yang sudah ditetapkan oleh kantor.

Bila hal itu sudah sesuai dengan yang diharapkan maka selanjutnya adalah lingkungan dan beban kerja yang diterima, terkadang lingkungan dan beban kerja yang diterima tidak sesuai dengan yang dibayangkan sebelumnya. 

Itu pun akan mempengaruhi peningkatan kinerja di dalam sebuah perusahaan. 

Jadi perlu juga diperhatikan oleh para pencari kerja, sekalipun sedang mendesak yang berujung memasukkan banyak lamaran di beberapa perusahaan tetap harus memperhatikan lingkungan dan beban kerja sebelum akhirnya melakukan pembicaraan tentang gaji pada saat wawancara.

Karena, pembicaraan tentang gaji pada saat wawancara akan menjadi penilaian sebuah perusahaan apakah akan  menerima atau tidak pelamar sebagai karyawan yang memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaannya. 

Ingat, pembicaraan tentang gaji itu pula harus disertai dengan keterampilan yang dimiliki jangan hanya bermodal ijazah, karena bisa-bisa buka diterima malah langsung dicoret dari calon karyawan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan