Mohon tunggu...
Kartika Eka H
Kartika Eka H Mohon Tunggu... Perajin Souvenir

...pembuat souvenir dan penikmat kuliner berkuah kaldu ..... ingin sekali keliling Indonesia! Email : kaekaha.4277@yahoo.co.id

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Seperti BCA Mobile, Semangat Budaya Simpel "Urang Banjar" Ini Memudahkan!

20 November 2019   21:45 Diperbarui: 20 November 2019   21:49 107 27 8 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Seperti BCA Mobile, Semangat Budaya Simpel "Urang Banjar" Ini Memudahkan!
damkar-5dcfe7e8d541df32c76b6654.jpg

Semangat #GenerasiSimpel itu merupakan budaya masa depan! Budaya yang akan menuntun kita untuk hidup lebih produktif, efektif dan efisien yang akan memberi efek memudahkan!

Urang Banjar begitu bangga dengan julukan unik "Kota 1000 Sungai" yang melekat pada Kota Banjarmasin. Selain karena fakta topografis Kota Banjarmasin yang berhias banyak sungai ini memang unik dan cantik, julukan itu sebenarnya pesan tersirat dari banyaknya tradisi dan budaya bahari (Bahasa Banjar: tua) sebagai kearifan lokal Urang Banjar yang berakar dari topografis unik berupa landscape alam khas dataran rendah yang didominasi lahan basah permanen berupa rawa dan sungai, termasuk Sungai Barito, salah satu sungai terbesar dan terpanjang di Indonesia.

Perjalanan panjang proses interaksi antara Urang Banjar dengan topografi unik alam Kalimantan Selatan, khususnya Kota Banjarmasin yang telah berlangsung berabad-abad lamanya, melahirkan budaya unik khas Banua Banjar yang biasa disebut sebagai budaya sungai, dimana sungai (dan rawa) menjadi urat nadi terpenting dalam tata kehidupan masyarakat. 

Dari budaya sungai inilah, berikutnya lahir berbagai tradisi dan budaya turunan yang memperlihatkan kuatnya harmoni antara Urang Banjar dengan alam lingkungannya, terkhusus lansekap lahan basah. Uniknya, dari sekian banyak kearifan lokal tersebut, banyak diantarannya tidak sekedar unik saja, tapi juga menginspirasi! 

Bahkan dalam hal tertentu juga memberi efek  memudahkan, khususnya tradisi budaya yang berangkat dari sifat umum urang Banjar yang menurut budayawan Banjar , Zulfaisal Putera lebih suka kada handak bangalih-ngalih yang dalam bahasa Indonesia bisa kita maknai sebagai tidak mau berbelit-belit alias yang simpel saja! Mirip sekali dengan prinsip layanan aplikasi BCA mobile terbaru yang bisa diakses kapanpun dan dimanapun tanpa batasan waktu! Ujar Urang Banjar  "Kalaunya kawa diulah nang simpel, kanapa harus bangalih-ngalih?

Kata Orang Banjar, "Kalau bisa dibikin simpel, kenapa harus berbelit-belit?"

Berikut beberapa "budaya simpel" khas masyarakat Banjar yang memudahkan, semoga menginspirasi Indonesia!

Gangan Sulur Bunga Teratai (dokpri)
Gangan Sulur Bunga Teratai (dokpri)

1. Budaya Kuliner Hasil Sungai/Rawa

Salah satu, bukti kedekatan Urang Banjar dengan alam lingkungannya sebagai cermin budaya simpel, bisa kita temukan pada olahan kuliner khas-nya yang sebagian besar merupakan olahan hasil sungai (dan rawa).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN