Mohon tunggu...
kaekaha
kaekaha Mohon Tunggu... Perajin Souvenir

...penikmat musik, traveling, fotografi, bola, buku cerita, humaniora dan kuliner berkuah kaldu ..... ingin sekali keliling Indonesia!

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Artikel Utama

Sensasi Unik Menikmati "Gangan Katuyung" Khas Banjar, Bikin Ketagihan!

30 Juni 2019   07:43 Diperbarui: 30 Juni 2019   16:03 0 43 16 Mohon Tunggu...
Sensasi Unik Menikmati "Gangan Katuyung" Khas Banjar, Bikin Ketagihan!
Kreasi olahan Katuyung dan Haliling khas Banjar (dokpri)

Urang Banjar mempunyai ragam kuliner yang sebagian besar memberi pesan tersirat betapa dekatnya mereka dengan alam, khususnya dengan sungai dan atau rawa yang memang mendominasi hampir sebagian besar landscape daratan Kalimantan Selatan. 

Kuliner populer dari hasil olah cipta Urang Banjar seperti Soto Banjar, Katupat Kandangan, Lontong Tampusing, Garih Batanak dan beragam Gangan (jangan; bhs Jawa) atau sayur semuanya mempunyai elemen bahan yang berasal dari hasil sungai atau rawa, baik berbagai jenis ikan sampai unggas yang berhabitat di sungai atau rawa, selain itu ada juga sejenis siput atau keong sungai yang menjadi bahan kuliner unik dan sedap khas urang Banjar yang biasa disebut katuyung oleh masyarakat Banjar.

Katuyung atau ketuyung ada juga yang menyebutnya sebagai tutut atau juga kolnenek di luar sana, secara fisik mempunyai bentuk cangkang segitiga kerucut sepanjang sekitar 3 cm dengan ujung runcing di bagian belakang (analogi bagian ekor). 

Katuyung bisa dimasak dengan berbagai macam variasi bumbu sesuai dengan selera masing-masing. Hanya saja, bagi masyarakat Banjar secara umum, Katuyung biasa dimasak dengan cara mencampurnya dengan beberapa macam jenis sayuran seperti bayam, kacang panjang, rebung, jagung manis dan waluh yang diberi kuah santan, kalau menurut saya citarasanya mirip sayur bobor-nya orang Jawa Timur.

Untuk mendapatkan olahan Gangan Katuyung yang kenyal dan suedap, katuyung harus direbus dua kali. Rebusan pertama untuk mematangkan dagingnya, sedangkan rebusan kedua untuk memantapkan kekenyalan dagingnya. Untuk memantapkan sekaligus memperkuat citarasa, di rebusan kedua ini diberi tambahan santan cair, lalu ketika sudah hampir matang baru ditambahkan lagi santan kental. 

Selain memperkuat cita rasa, santan kental ini juga menjadi pengikat supaya santan cairnya tidak pecah saat disajikan. Jadi, selain rasa gurihnya semakin mantap tampilannya juga bagus!

Gangan Katuyung khas Banjar (banjarmasinpost.tribunnews.com)
Gangan Katuyung khas Banjar (banjarmasinpost.tribunnews.com)

Untuk menikmati gangan katuyung secara paripurna, biasanya paket komplit dalam sajiannya selalu ditambahkan sambal acan atau sambal terasi untuk menyempurnakan kenikmatannya dan gangan katuyung ini bisa dimakan sebagai teman makan nasi atau langsung dinikmati tanpa nasi layaknya camilan.

Karena gangan katuyung disajikan masih dengan cangkangnya yang keras (biasanya bagian ujung kerucut cangkang di potong), maka cara paling asyik untuk menikmati Gangan Katuyung adalah dengan cara dikunyut atau dihisap dari lubang bagian depan. 

Disinilah sensasi paling asyik, nikmat dan paling bikin ketagihan kala menyantap biota sungai yang satu ini. Saking asyiknya ngunyut katuyung, biasanya lupa sama nasi dihadapan. Baru setelah katuyung-nya habis baru ingat sama nasi yang belum tersentuh! He...he...he...

Di Kota 1000 Sungai, Banjarmasin Bungas! Kuliner yang relatif mulai langka ini, walaupun tidak semua warung atau rumah makan menyediakan dan menjualnya, tapi tidak terlalu sulit juga untuk mendapatkannya. 

Biasanya di warung atau rumah makan yang menjual masakan khas Banjar selalu menyediakan menu ini dan untuk urusan harganyapun juga relatif murah! Rata-rata seporsi Gangan Katuyung dijual dalam ukuran mangkuk seharga Rp.10.000,- yang kira-kira berisi sekitar 20 katuyung. Tertarik untuk ikut mencoba!? Bisa kok masak sendiri, berikut resepnya!

Bahan -bahan :

  1. 1/2 kilo ketuyung (bersihkan dengan sikat, potong ujungnya) 
  2. 1 buah labu kuning potong2 
  3. 1 bonggol jagung besar potong2 
  4. 1/4 buah rebung iris2 
  5. 3 cm kacang panjang potong2 
  6. 300 gram kelapa parut 
  7. 1 ruas laos sjempol geprek 
  8. 2 lmbr salam 
  9. terasi sesuai selera 
  10. 7 siung bawang merah iris tipis 
  11. 3 siung bawang putih iris tipis 
  12. secukupnya gula garam dan penyedap jika diperlukan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2