Mohon tunggu...
Nayu Lydia
Nayu Lydia Mohon Tunggu... Freelancer - A Sculptor and Freelance Writer

Traveling, eating, drawing and writing. Find me on Instagram @nayu_lydia

Selanjutnya

Tutup

Love Pilihan

Pentingnya Melakukan Konseling Pra-Nikah Bagi Calon Pengantin

26 Mei 2023   14:31 Diperbarui: 26 Mei 2023   14:34 83
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: pexels/Cottonbro Studio

Konseling pra-nikah mungkin masih terdengar asing di telinga beberapa calon pengantin. Namun ternyata konseling pra-nikah berperan besar dalam membangun dunia pernikahan yang sehat dan terbukti dapat menekan angka perceraian. 

Konseling pra-nikah adalah bimbingan yang diberikan seorang konselor sebagai bekal bagi pasangan yang akan memasuki jenjang pernikahan. Tujuan dari konseling pra-nikah ini agar dapat membantu para calon pengantin untuk memiliki hubungan pernikahan yang sehat, kuat dan ideal. 

Konseling ini membantu kamu dan pasangan untuk mempersiapkan mindset yang tepat didukung kepercayaan diri dan rasa tanggung jawab dalam membina pernikahan. Pasangan yang mengikuti konseling pra-nikah akan lebih siap dalam menghadapi setiap tantangan yang muncul dalam bahtera rumah tangga

Berikut alasan penting melakukan konseling pra-nikah bagi calon pengantin. 

1. Belajar mengenal diri dan pasangan dengan lebih baik

Kelas pernikahan dapat membantu kita mengenal diri sendiri dan pasangan dengan lebih baik. Pengenalan diri yang baik merupakan hal yang penting untuk membangun pernikahan yang sehat.

Dengan melakukan konseling, membuat kita menyadari akan masalah diri sendiri yang mungkin selama ini terabaikan atau sulit untuk dikomunikasikan dengan pasangan sehingga membantu kita mengatasi personal baggage sekaligus membereskan masalah diri dengan pasangan sebelum menikah.

Terapi ini memberikan kesempatan bagi pasangan untuk mengeksplor hal-hal yang belum terpikirkan sebelumnya. Seperti membicarakan trauma masa lalu, ekspektasi pribadi, kesehatan finansial hingga pembahasan seks secara terbuka. 

Dengan adanya konselor, kamu akan lebih mudah membahas hal-hal yang mengganjal di hati sekaligus mendapat solusi tepatnya. Yang terpenting, konseling pra-nikah membantu pasangan untuk lebih saling memahami sehingga dapat mencegah perceraian. 

2. Meminimalisir masalah dalam pernikahan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Love Selengkapnya
Lihat Love Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun