Mohon tunggu...
Kadek Darmawan
Kadek Darmawan Mohon Tunggu... cepat, handal dan terpercaya

@kadekdarmawan96

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Jahe Merah yang Dulu Populer Karena Khasiatnya Mencegah Covid-19, Apa Kabarnya Sekarang?

27 Januari 2021   20:57 Diperbarui: 27 Januari 2021   21:49 90 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jahe Merah yang Dulu Populer Karena Khasiatnya Mencegah Covid-19, Apa Kabarnya Sekarang?
10a2dfbf5adc085fb4fae26289bc3d3c-60117cd6d541df6606250102.jpg

Jakarta - Pada awal kemunculan covid-19 di indonesia, jahe merah adalah salah satu tanaman asli indonesia yang tengah diburu masyarakat.

Jahe merah biasa diolah menjadi minuman tradisional yang mampu memberikan kehangatan pada tubu seseorang.

Selain itu jahe merah di nilai sebagai rempah yang dapat menjaga kekebalan dan kebugaran tubuh manusia.

Pada awal pandemi covid-19 banyak media yang memberitakan tentang khasiat dari jahe merah, mulai dari sebagai obat pencegahan hingga penyembuhan dari terpaparnya tubuh seseorang dari covid-19.

Setelah Ramai di beritakan karena khasiatnya yang dinilai ampuh dalam penanganan covid-19, jahe merah mengalami kenaikan harga yang sangat tinggi hingga menyentuh Rp.100.000/kg.

Lonjakan harga jahe merah terjadi karena banyaknya masyarakat yang memburu remah tersebut hingga menyebabkan terjadinya kelangkaan di sejumpalah pasar di jakarta.

Sebelumnya profesor asal universitas airlangga di surabaya, prof dr drh cairul anwar nidom mengklim telah menemukan ramuan jahe yang dapat mencegah penularan virus corona atau covid-19 dalam tubuh.

Menurutnya, formulasi empon-empon yang terdiri dari ramuan jahe, kunyit, temulawak, sereh dan bahan lainya di buat berawal dari formulasi yang di buat saat wabah flu burung pada tahun 2008 yang lalu.

Selain itu dokter sepesialis herbal dr. Erna epita fahmi juga menuturkan bahwa jahe dapat meningkatkan daya tahan tubuh seseorang, sebab kandungan polifinol yang ada dalam tanaman herbal itu memiliki banyak khasiat. Salah satunya meningkatkan imunitas tubuh.

Namun ketenaran Jahe Merah tidak sepopuler awal kemunculan virus covid-19 di indonesia. Bahkan saat ini jahe merah tidak pernah di beritakan lagi khasiat-khasiatnya yang dulu diklaim ampuh dalam menyembuhkan seseorang dari paparan virus covid-19.

Penulis : I Kadek Darmawan, Mahasiswa STISIP WIDURI

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x