Mohon tunggu...
Kadek Binia Patricia
Kadek Binia Patricia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Menulis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Nilai-Nilai Moral dalam Peristiwa Sejarah

4 Desember 2022   16:06 Diperbarui: 4 Desember 2022   16:06 79
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Nama : Kadek Binia Patrcia

NIM : 2214021021

Prodi : Pendidikan Sejarah

Fakultas : Hukum dan Ilmu Sosial

Nilai-nilai moral yang terkandung dalam Sejarah di Indonesia , sebelum kita membahas apa saja nilai-nilai moral yang terkandung dalam Sejarah Indonesia ada baiknya kita mengetahui apa arti dari moral tersebut, moral merupakan akhlak,etika,atau susila yang dimana diartikan sebuah tindakan yang memiliki nilai yang positif, sehingga dapat dikatakan bahwa moral merupakan hal yang mutlak yang harus demiliki oleh setiap orang atau manusia. Moral juga dapat diartikan bahwa perbuatan atau tingkah laku sehingga ucapan manusia dalam berinteraksi dengan manusia lainnya. Nah itulah penjelasan apa itu moral, berikutnya mari kita simak apa saja nilai-nilai moral yang terkandung dalam Sejarah di Indonesia :

1.Rasa Tanggung Jawab

Rasa tanggung jawab ini sangat berpengaruh bagi kehidupan kita terutama kita sebagai mahasiswa nilai moral yang terkandung dalam Sejarah di Indonesia yaitu contohnya seperti De Graff yang terkanal bernama Soebardjo beliau merupakan pejabat yang bertanggung jawab atas Bukanfu di Batavia pada saat itu kantor pembelian Angkatan laut di Indonesia. Beliau tidak hanya membatasi diri hanya pada tugas-tugas milliternya saja, tetapi agar dirinya terbiasa dengan suasana yang ada di Jawa, ia membentuk sebuah kantor penerangan bagi dirinya di tempat yang sama yang pimpinannya dipercayakan kepada Soebardjo.

2.Kejujuran

Sikap kejujuran ini sangat amat besar pengaruhnya bagi kehidupan kita sehari-hari ataupun di dalam melakukan sebuah pekerjaan nilai moral yang terkandung dalam Sejarah di Indonesia bagi kehidupan kita sehari-hari yaitu tidak menyontek saat ulangan atau ujian,tidak mencuri barang atau hak orang lain,tidak melakukan korupsi, mengakui kesalahan jika melakukan kesalahan.

3.Cinta Tanah Air dan semangat kebangsaan

 nilai moral yang terkandug dalam Sejarah Indonesia kita bisa lihat dari perjuangan para pahlawan untuk memerdekakan Negara Indonesia dan semangat para pahlawan agar Indonesia bisa merdeka. Walaupun banyak rintangan yang harus dilewati tetapi semangat para pahlawan tidakpernah padam agar Indonesia tetap bisa Merdeka. sebagai perwujudan rasa cinta tanah air dan tumpah darah maka muncul berbagai perlawanan di derah-daerah terhadap para penjajah demi kemerdekaan tanah air Indonesia. Misal perjuangan di Sumatra,Jawa,Bali,Sulawesi dan daerah-daerah lain nusantara.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun