Mohon tunggu...
kadek wh
kadek wh Mohon Tunggu... Saya suka membaca

I love my family

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Etika Dunia Maya

18 Juni 2019   00:29 Diperbarui: 18 Juni 2019   00:39 0 2 1 Mohon Tunggu...

Kehidupan dunia maya akhir2 ini sangat mempengaruhi gaya hidup seseorang. Hampir semua orang mengikuti trend yg satu ini. Tanpa disadari mereka sangat menikmati kehidupan seperti ini. Tangan mereka tidak terlepas dari handphone. Seolah2 handphone merupakan barang yang sangat berharga. Tidak jarang ketika mereka kehilangan barang yang satu ini seperti kehilangan harta seperti perhiasan. Mungkin saja handphone tidak terlepas dari genggaman mereka barang sedetikpun.

Tidak saja orang yang dewasa tetapi dari anak2 remaja sampai balita semua sudah asyik menikmati kecanggihan barang yg satu ini.  Mereka sangat bergantung penuh pada handphone ini. Semua menjadi lupa waktu dan kondisi dimana mereka berada. Pada saat makan, saat dlm kendaraan bahkan yg lebih parahnya saat sedang mengendari kendaraan. Mungkin hanya pada saat tertidur saja mereka baru bisa terpisah sejenak. Ketika bangun tidur dicari yang pertama adalah hp.

Dengan kecanduan menggunakan hp tidak disadari pengguna, ternyata dapat memberi dampak yang cukup fatal. Dapat merubah kebiasaan hidup kita sebagai makhluk sosial. Mereka cenderung lebih egois dan tidak empati lagi dengan dunia nyata yang ada disekelilingnya.

Contoh kecil dlm keluarga, sering ditemukan meskipun judulnya makan bersama dengan keluarga bahkan mencari tempat makan yang mahal dengan tujuan agar dpt mengakrabkan satu dengan yang lainnya, sering ditemukan mereka sibuk dengan dunianya sendiri, mulai dari kepala keluarga sampai dengan anggota keluarga semua memegang hpnya masing2.

Juga sering ditemukan ketika kita  sedang bertamu atau kedatangan tamu, ada beberpa dari kita yg sibuk denga hpnya. Kita tidak terlalu peduli dengan pembicaraan yg sedang berlangsung. Sehingga tidak heran mereka sangat banyak teman didunia maya tapi hanya sedikit didunia nyata, mereka sangat peduli, perhatian sering bertegur sapa didunia maya tapi memiliki sikap yg dingin dengan teman2 yg ada didekatnya. 

Bahkan sering ditemukan mereka mengalami kesulitan dalam tidur mereka sehingga menganggu pola istirahat mereka.

Kerinduaan setiap orang bahwa handpone dapat mendukung kita dalam berbagai hal dalam mencari informasi, menambah teman, bahkan menambah pundi2 keuangan kita. Namun yang lebih penting adalah bijak dalam mempergunakannya. Kita hidup dalam dunia nyata yang memiliki keluarga dan teman2 yang perlu kita perhatikan. Minimal perlakuan yang sama sebagaimana kita begitu peduli dengan dunia maya kita kitapun mencoba utuk peduli dengan orang2 yang ada disekitar kita terlebih keluarga.

Kita sering bertegur sapa dan memberi perhatian di dunia maya, mulai sekarang cobalah menegur dan memberi perhatian juga kepada orang2 yang ada disekitar kita. Jika kita bertemu atau berbicara dengan seseorang lebih utamakan orang yg ada di depan kita lepaskan terlebih dahulu hp kita untuk beberapa saat dan beri perhatian penuh dengan lawan bicara sebagai bukti bahwa kita menghomati dan menghargai mereka. 

KONTEN MENARIK LAINNYA
x