Mohon tunggu...
KADDAR NASUTION
KADDAR NASUTION Mohon Tunggu... Nasionalis

Hidup untuk mati

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Kebersihan Masjid Nur ala Nur di Masa Pandemi Covid-19

17 Januari 2021   16:20 Diperbarui: 17 Januari 2021   16:23 57 1 0 Mohon Tunggu...

Kebersihan merupakan hal yang sangat penting untuk semua orang.di tengah-tengah wabah virus Covid-19 saat ini seluruh masyarakat dituntut untuk selalu menjaga kebersihan diri serta lingkungannya . Covid-19 memberikan dampak yang sangat besar di segala ospek dan bidang, salah satunya berdampak pada masjid agung nur ala nur panyabungan(Muhammad Nasir, wawancara,14 Januari 2021).

Masjid agung nur ala nur kabupaten Mandailing natal merupakan masjid Pemda mandailing natal.didalam pengurusan kebersihan masjid ini ada petugas yang menangani kebersihan.petugas kebersihan di dalam masjid tersebut terdiri dari enam orang yaitu M.nasir,Abdul hakim,Siti Masitoh,Damriah,Syamsiah dan Siti Rahma(Abdul hakim, wawancara,14 Januari 2021).

Untuk membersihkan masjid agung yang begitu luas di butuhkan strategi untuk membersihkan masjid secara optimal.langkah yang diambil adalah dengan membagi bagian-bagian masjid dan membagi petugas pada titik-titik tertentu.

Di masjid agung petugas kebersihan di dalam Mesjid ada dua orang yang ditugaskan.dua orang di tugaskan di bagian toilet dan dua orang lainnya ditugaskan di bagian taman.

Apabila petugas di bagian lain sudah selesai sedangkan ada bagian lain yang belum selesai,maka petugas kebersihan yang telah selesai akan membantu untuk membersihkan bagian-bagian masjid yang belum selesai.petugas kebersihan masjid agung nur ala nur selalu menjunjung tinggi sikap saling tolong menolong(Damriah, wawancara,15 Januari 2021)

Kebersihan di Mesjid Agung selalu terkontrol walaupun Pengunjung selalu Ramai. Ditengah Pandemi  Seperti ini tentunya Pengunjung dan Jama'ah berkurang sangat Pesat Sehingga Potensi Mesjid jorok lebih Minim, Namun di Tengah pandemi saat ini.Petugas kebersihan harus bekerja Lebih keras karena adanya Covid-19, Pihak mesjid juga pasti menyediakan alat mencuci tangan demi Rangka memutus rantai penyebaran COVID-19.

Pada masa Pandemi Covid-19 yang tiada habisnya kebersihan adalah Hal yang Paling utama. Tetap jaga kebersihan dan kesehatan. Itulah Langkah-langkah Pemerintah Dan BKM Penyebaran virus Covid-19 bagi para Jama'ah di dalam Mesjid Agung Nur Ala Nur.Upaya Pemerintah dalam pemutusan penyebaran virus Covid-19  didalam pelaksanaan ibadah bagi kaum muslim.

Badan Kesehatan Dunia berharap kepada masyarakat yang ada di dunia terutama Negara Indonesia agar selalu mematuhi Protokol Kesehatan pemerintah. Karena Dengan adanya kerja sama pemerintah dan Masyarakat dapat memberikan Solusi.

Begitu juga Pemerintah berharap kepada kaum muslim agar selalu menjaga kebersihan dan selalu mematuhi Protokol Kesehatan, karena dengan adanya kerja sama maka wabah virus tersebut dapat segera dihilangkan dari dunia ini.

VIDEO PILIHAN