Mohon tunggu...
Christian Novendy Agave
Christian Novendy Agave Mohon Tunggu... Penyuka Rempah

Menelaah Sejarah, Budaya, dan Sosial Masyarakat.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Mengenal Sub Budaya Batak Simalungun

26 Mei 2020   15:35 Diperbarui: 10 Juni 2020   20:31 85 4 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengenal Sub Budaya Batak Simalungun
Pakaian adat Batak Simalungun sumber gambar: www.sejarah-negara.com

Pakaian Tradisional Simalungun
Pria:
1. Gotong
2. Rudang Hapias
3. Rattei Gotong
4. Saitni Begu
5. Dormani
6. Golang
7. Pisou Suhul Sibirong
8. Ponding
9. Suri-suri Sibirong
10. Ragi Panei
11. Masuk

Wanita
1. Bulang
2. Sutting
3. Rattei Buah Ban Ban
4. Suri-Suri
5. Hassing
6. Bajut
7. Ponding
8. Ragi Panei

Rumah Tradisional Simalungun

Balei Bolon adalah salah satu rumah tradisional yang berada di kawasan Rumah Bolon Pematang Purba. Dahulunya Batei Bolon merupakan tempat untuk mengadakan musyawarah atau peradilan. Berbentuk rumah panggung dengan kayu-kayu yang disusun tanpa menggunakan paku dan hanya menggunakan tali pengikat.

Makanan Tradisional Simalungun

Dayok Na Binatur adalah makanan tradisional yang paling sering digunakan dalam acara adat dan ritus kehidupan. Secara harfiah Dayok artinya ayam dan Nabinatur artinya 'yang diatur'. 

Jadi secara sederhana, Dayok Na Binatur berarti ayam yang dimasak dan disajikan secara teratur sejak pemotongan bagian tubuh ayam sampai kepada penghidangannya.

Secara filosofis, Dayok Na Binatur merupakan simbol doa, harapan, dan berkat wujud terima kasih serta rasa syukur. Diharapkan setiap yang menerima Dayok Na Binatur menemukan dan mengalami keteraturan dalam hidup.

Orang Simalungun patut berbangga, karena Dayok Nabinatur telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, pada tanggal 27 Oktober 2016.

Peralatan Tradisional Simalungun

Singgung adalah salah satu alat tradisional Simalungun yang dipakai di dapur, terbuat dari bambu dan berfungsi untuk menghantarkan udara yang dihembuskan ke arah bara api yang ada di tataring (tungku) hingga api pembakaran hidup. 

Di beberapa kampung Simalungun, penggunaan Tataring, Singgung dan peralatan tradisional lainnya menjadi bagian dari kehidupan. Ada suatu makna terdalam bahwa leluhur Orang Simalungun belajar hidup selaras dengan alam.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x