Musik

Adamantine, Acuan dan Standar Baru

1 Agustus 2018   16:59 Diperbarui: 1 Agustus 2018   17:19 1447 1 0
Adamantine, Acuan dan Standar Baru
Dirilis pertengahan April 2018, Adamantine adalah standar baru musikalitas dan rekaman di tanah air.

Adamantine.

Sebuah kosa kata yang menarik dan terpilih untuk mewakili album kelima Burgerkill yang dirilis Minggu 15 April 2018. Meski saya bukan begundal ( sebutan fan base Burgerkill ), saya selalu tertarik mengikuti rilisan album2 Burgerkill sejak album pertama dirilis.

Adamantine merupakan album yang dengan kualitas diatas rata-rata. Burgerkill tidak hanya menghasilkan album metal yang baik dan super bagus, namun membuat standar musik di tanah air dengan format yang semakin tinggi.

Meski dengan kesabaran dalam memburu sisa stok album Adamantine yang dirilis dalam format booklet dan akhirnya dapat juga, saya takjub dengan kualitas hasil rekaman, materi track lagu2 yang terdapat didalam, sleeve ( beruang grizzly yang super keren, visual album yang sangat berkarakter ) dan keberanian Burgerkill untuk bermain dengan presisi dan beberapa perubahan format musik. Sudah seharusnya Muri mencatat bahwa Adamantine adalah album indie yang tercepat ludes dalam pasaran pergaulan musik urban.

Burgerkill, unit seni yang tidak pernah berhenti menghasilkan album2 diatas rata2.
Burgerkill, unit seni yang tidak pernah berhenti menghasilkan album2 diatas rata2.
Terdapat 9 track menarik dan masing-masing memiliki karakter yang kuat di Adamantine. Undamaged, Pledge To Fight, Paradoks, Integral, Superficial, United Front, Undefeated, Celestial dan Air Mata Api. Untuk mengulas satu persatu track ini, tidak mungkin bagi saya untuk dilakukan, mengingat karakter track -- track tersebut sangat kuat dan bagus2.

Dari keseluruhan kelebihan yang ada di Adamantine, maka ada hal yang baru lahir dari keberanian Burgerkill dalam mengeksplor lagu dan musikalitas mereka, yakni part bagian awal di Air Mata Api. 

Dengan jelas kita bisa menyimak betapa bebasnya Putra mengeksplor hentakan drum dengan melakukan ketukan ganjil dan rovel2 yang panjang, saya teringat dengan warna prog rock Tool jika menyimak kembali part ini. Mungkin disengaja ataupun tidak, tersimak dengan jelas bagaiman musik prog hadir dalam Adamantine dan sungguh menarik.

image2-5b6183766ddcae6c0660c176.jpeg
image2-5b6183766ddcae6c0660c176.jpeg
Sebagai penutup, dengan implisit sangat teringat korelasi antara Adamantine dengan Adamantium. Zat yang keras ini disisipkan dalam tubuh Logan, sehingga dia bisa sembuh dengan cepat, mampu mengoyak2 lawan dengan cakar yang menghunus dan hidup abadi. Mungkin inilah akumulasi dari Burgerkill pada adamantine, keras, tajam dan abadi.