Mohon tunggu...
Jovin VerenMarfella
Jovin VerenMarfella Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Mercu Buana

42321010081 - Dosen pengampu : Apollo, Prof. Dr, M.Si.Ak - Desain Komunikasi Visual

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

TB1-Menggali Potensi Diri, Berpikir Positif dan Berkomunikasi Efektif

27 September 2022   00:09 Diperbarui: 27 September 2022   00:12 336 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana Adalah Platform Blog. Konten Ini Menjadi Tanggung Jawab Bloger Dan Tidak Mewakili Pandangan Redaksi Kompas.

Nama : Jovin Veren Marfella

NIM : 42321010081

Dosen : Apollo, Prof. Dr, M.Si.Ak

Universitas Mercubuana

Kebanyakan dari kita kurang mengenal diri sendiri. Bahkan kelebihan dan kekurangan diri sendiri pun kita masih kurang memahaminya. Jika kekurangan dan kelebihan diri sendiri saja kurang memahaminya, bagaimana cara kita menggali potensi diri? Walaupun mungkin selama ini kita selalu didukung agar mencari dan menggali potensi diri, tetapi pada kenyataannya kita malah merasa kebingungan sendiri. Sebenarnya apa itu potensi diri? Bagaimana cara menggali potensi diri itu sendiri? Untuk mengenal diri sendiri kita memerlukan juga jiwa dan pikiran yang positif. Bagaimana juga cara agar berjiwa dan selalu berpikir positif? Serta bagaimana cara yang baik dalam berkomunikasi?

Potensi Diri

Menurut KBBI, Potensi adalah kemampuan yang memiliki kemungkinan untuk dapat dikembangkan. Potensi juga dapat diartikan kekuatan, kesanggupan, atau daya. Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa potensi diri adalah kemampuan diri sendiri masih memiliki kemungkinan untuk dapat terus dikembangkan lagi kedepannya.

Sedangkan menurut Prof. Dr. Buchari Zainun dalam laman resmi Badan Kepagawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD), potensi adalah suatu daya yang dapat bersifat positif dalam bentuk kekuatan dan negatif dalam bentuk kelemahan.

Potensi diri itu tidak terlihat dengan mudah begitu saja, potensi diri itu tersembunyi. Maka dari itu untuk mengembangkan potensi diri kita perlu mencari dahulu apa potensi diri kita sendiri.

Potensi itu dapat berbentuk kondisi fisik hingga bahkan sosial. Contoh potensi diri menurut buku Potensi - Potensi Manusia Seri Psikologis Islam karya Fuad Nashori adalah Kemampuan Sosiologis, Kemampuan Musikal, Kemampuan Logika, Kemampuan Spasial, Kemampuan Kinestetik, Kemampuan Naturalis, Kemampuan Visual dan Kemampuan Linguistik.

Untuk mengenal potensi diri kita, kita juga memerlukan motivasi diri dan pikiran yang positif agar dapat membangun diri. Lalu apa itu berpikir positif?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan