Mohon tunggu...
Justin RaymondHadi
Justin RaymondHadi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

hai

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Banyak Anak Sakit Gigi? Mahasiswa Tim II KKN UNDIP Memperkenalkan Kesehatan Gigi dan Mulut pada Anak TK PGRI Lempongsari

9 Agustus 2022   11:37 Diperbarui: 9 Agustus 2022   11:47 75 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

(Mahasiswa KKN Undip memberikan edukasi pada anak TK PGRI Lempongsari dengan metode storytelling.)

Lempongsari, Gajahmungkur (31/7/2022) – Justin Raymond Hadi, seorang Mahasiswa Universitas Diponegoro jurusan Kedokteran Umum, beserta TIM II KKN UNDIP 2022 Kelurahan Lempongsari melakukan Gerakan Gigi dan Mulut Sehat, sebuah gerakan edukasi kesehatan gigi dan mulut dengan target anak usia dini yang dilakukan di TK PGRI Lempongsari, Kecamatan Gajahmungkur pada Jumat (22/7).

Edukasi dilakukan kepada anak-anak TK PGRI Lempongsari dengan tujuan agar dapat memperkenalkan kesehatan mulut dan gigi sejak dini pada generasi muda di Kelurahan Lempongsari.

Kesehatan gigi dan mulut merupakan salah satu hal sering diabaikan oleh masyarakat Indonesia. Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) pada tahun 2018 menunjukkan prevalensi gigi berlubang pada anak usia dini tergolong tinggi yaitu 93% dimana hanya 7% anak Indonesia bebas dari masalah gigi berlubang. Pada Kelurahan Lempongsari ditemukan beberapa anak memiliki gigi berlubang. Munculnya gigi berlubang pada anak Indonesia berakar dari kurangnya kesadaran anak dalam merawat kesehatan gigi dan mulut. Oleh karena itu diperlukan edukasi agar anak dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut sejak dini.

Kegiatan ini dilakukan dengan pemberian materi kesehatan gigi dan mulut melalui metode storytelling, edukasi mengenai cara menyikat gigi yang benar, game interaktif menyingkirkan kotoran mulut pada model gigi buatan, dan pemberian poster sikat gigi yang benar kepada anak-anak TK PGRI Lempongsari. Selain itu juga dilakukan edukasi mengenai cara sikat gigi yang benar, penempelan poster pada TK PGRI Lempongsari, dan pemberian prototype model gigi pada TK PGRI Lempongsari agar guru TK PGRI Lempongsari dapat melanjutkan gerakan gigi dan mulut sehat pada anak-anak TK PGRI Lempongsari selanjutnya. Anak-anak TK PGRI Lempongsari, dan guru TK Lempongsari antusias dalam mengikuti kegiatan ini.

Tim II KKN Lempongsari berharap program ini dapat menjadi program berkelanjutan untuk berkontribusi dalam meningkatkan kesadaran kesehatan gigi dan mulut pada anak-anak usia dini TK PGRI Lempongsari.

Dokpri
Dokpri

(Mahasiswa KKN Undip mengajatkan cara menyikat gigi menggunakan prototype model gigi)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan