Mohon tunggu...
Jusman Dalle
Jusman Dalle Mohon Tunggu... Praktisi ekonomi digital

Praktisi Ekonomi Digital | Tulisan diterbitkan 38 media : Kompas, Jawa Pos, Tempo, Republika, Detik.com, dll | Sejak Tahun 2010 Menulis 5 Jam Setiap Hari | Sesekali Menulis Tema Sosial Politik | Tinggal di www.jusman-dalle.blogspot.com | Dapat ditemui dan berbincang di Twitter @JusDalle

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

Bermodal Gawai, Denny Mengantongi 20 Juta Perbulan

1 November 2018   12:27 Diperbarui: 1 November 2018   12:48 0 7 0 Mohon Tunggu...
Bermodal Gawai, Denny Mengantongi 20 Juta Perbulan
Ilustrasi milenial tajir yang piawai mengumpulkan pundi-pundi dengan modal gawai.Sumber : www.consultas-abogados.es

Oleh : Jusman Dalle

***

Sore itu, di pojok sebuah kafe asal Paman Sam di bilangan Kemang Raya, jemari Denny sibuk menari bersama sebuah pensil elektronik yang ia goreskan di layar tablet berukuran mini. Dikejar deadline, raga dan pikirannya tampak tersedot oleh si gawai canggih, tempat ia menumpahkan segala inspirasi.

Denny tampak asyik sendiri. Meski keriuhan after hours warga Jakarta di kafe itu cukup bising, pengunjung kafe lalulalang ke sana-kemari. Namun anak muda berusia 28 tahun itu tak terusik, ia tetap konsentrasi. Sesekali ia menyeruput kopi. 

Ia berkisah, kliennya adalah perusahaan kelas kakap. Maka ia harus on time. Karya grafisnya harus di-submit sebelum jam delapan malam waktu Jakarta. 

Kliennya kali ini adalah Brunswick, sebuah agensi public relation kenamaan di Inggris sana. Denny berjumpa dengan klien tersebut di sebuah wadah job marketplace. Tanpa bertemu wajah secara langsung. Semua lewat gawai.

Denny adalah potret pekerja di kalangan generasi urban milenial masa kini. Saat teman-teman sebayanya mengincar status sebagai pegawai negeri, ia mantap memilih profesi mandiri. 

Memanfaatkan teknologi, Denny piawai mengumpulkan pundi-pundi. Dalam sebulan, pendapatan sampai lima kali besaran upah minimum provinsi DKI ia kantongi.

Denny, adalah satu dari ribuan atau mungkin jutaan generasi milenial Indonesia yang merasakan berkah ekonomi digital yang mewabah ke seantero negeri. 

Kuatnya pesona industri digital memang jadi tren global. Bekerja di industri digital jadi impian generasi milenial. Berbagai penelitian ilmiah telah mengonfirmasi hal tersebut. 

Riset yang dipublikasikan oleh portal US News misalnya, mengungkapkan bila di posisi Top 10 Jobs for Millennial, empat di antaranya merupakan profesi di industri digital dan teknologi informasi.

Riset global yang dilakukan oleh Manpower Group ber tajuk Millennial Careers: 2020 Vision punya temuan senada. Menurut penelitian itu, generasi milenial memprioritaskan lima hal dalam memilih pekerjaan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
KONTEN MENARIK LAINNYA
x