Mohon tunggu...
Hasan Aspahani
Hasan Aspahani Mohon Tunggu... Jurnalis - Jurnalis, Penulis, Penyair.

MM Strategis dari Universitas Prasetiya Mulya. Berkarir di Jawa Pos Grup. Lahir di Sei Raden, Samboja, Kutai Kartanegara, Kaltim, 1971. Menulis novel (a.l. "Persimpangan", Gagasmedia, 2019), nonfiksi (a.l. "Chairil Anwar" sebuah Biografi, Gagasmedia 2016), puisi (a.l. "Aviarium", Gramedia, 2019), story developer (a.l. untuk skenario "Bumi Manusia", Falcon, 2019). Kerjasama hubungi www.kreatorkonten.com.

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Ribetnya Cari Data di Situs Pemerintah Ini

11 Agustus 2019   18:47 Diperbarui: 11 Agustus 2019   19:34 357
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Laman depan www.data.go.id

SAYA sedang ingin menulis tentang kopi. Saya mencari data produksi kopi Indonesia. Pencarian saya justru sampai ke situs yang tampaknya menarik. Namanya Satu Data Indonesia - www.data.go.id.  

Saya lantas buka www.data.go.id itu di peramban favorit saya Firefox. Lalu berhadapanlah saya dengan sebuah laman muka yang didominasi warna merah. Ada kalimat dalam font besar: Data Indonesia Dalam Satu Portal. Di bawahnya dalam ukuran yang lebih kecil: Temukan data Pemerintah dengan mudah!

Lalu ada bar untuk mengetik pencarian. Seperti Google itu. Saya mencoba mengetikkan: Produksi Kopi Indonesia 2018. Situsweb tak menemukan data yang relevan.

Saya sederhanakan kata kunci pencarian saya: Produksi Kopi 2018. Situs memberi saya penemuan ini: Ditemukan 30 dataset untuk pencarian "Produksi Kopi 2018". Lima teratas adalah ini:  

1. Produksi Kopi - 2019-02-01 - Dataset ini tidak memiliki deskripsi.
 
2. Produksi Kopi - 2019-02-01 - Sumber: Dinas Pertanian Kabupaten Sumbawa Barat.
 
3. Produksi Tanaman Perkebunan_Kopi - 2019-01-31 - Dataset ini tidak memiliki deskripsi.
 
4. Produksi Tanaman Kopi - 2019-02-01 - Dataset ini tidak memiliki deskripsi.
 
5. Produksi Tanaman Kopi Robusta - 2019-02-01 - Sumber : Dinas Pertanian.


Saya buka salah satunya: Produksi Kopi 2019-02-01 - Sumber :Dinas Pertanian Kabupaten Sumbawa Barat.

Hasilnya? Arsip data mentah dalam perangkat lunak Excel.

screenshoot ptibadi
screenshoot ptibadi
 

Data mentah. Sepertinya ini diunggah langsung dari laporan dinas pertanian kabupaten. Repot juga kalau saya harus mengumpulkan data kopi dari seluruh kabupaten di Indonesia.

Saya buka data lain. Hasilnya berbeda. Arsip dalam PDF. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun