Mohon tunggu...
Franky Adinegoro
Franky Adinegoro Mohon Tunggu...

Tinggal di Curup, Kab. Rejang Lebong, Bengkulu. Menikah dengan Laila Zunairah. Ayah dua anak. Suka menulis dan membaca buku.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Rejang Lebong Raih Penghargaan Kabupaten Peduli HAM

10 Desember 2017   17:38 Diperbarui: 10 Desember 2017   18:05 569 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Rejang Lebong Raih Penghargaan Kabupaten Peduli HAM
Bupati Rejang Lebong, Bengkulu DR. H. Ahmad Hijazi, SH, M.Si

SURAKARTA: Kabupaten Rejang Lebong dianugerahi penghargaan sebagai Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia. Penghargaan diberikan langsung oleh Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna Hamonangan Laoly kepada Bupati Rejang Lebong Ahmad Hijazi, pada acara puncak peringatan Hari Hak Asasi Manusia se-Dunia ke-69 di Hotel The Sunan, Solo, Jawa Tengah, Minggu (10/11) pagi.

Acara peringatan Hari HAM tahun ini dipusatkan di Kota Solo, dihadiri langsung Presiden Jokowi serta para menteri Kabinet Kerja, gubernur, bupati dan walikota penerima anugerah se-Indonesia.

Dalam sambutannya, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly mengatakan bahwa Pemerintah terus berkomitmen dalam upaya pemajuan dan pemenuhan HAM yang telah diamanatkan dalam konstitusi dan instrumen HAM internasional.

"Ini bisa dilihat dari hasil dialog Universal Periodic Review yang telah dilaksanakan pada awal Mei 2017, di mana saya bersama Menteri Luar Negeri telah memimpin Delegasi RI untuk membahas perkembangan implementasi HAM dalam empat tahun terakhir. Dalam pembahasan UPR tersebut, banyak negara anggota PBB menyampaikan tanggapan dan apresiasi yang baik terkait dengan pemajuan HAM di Indonesia khususnya terkait dengan RANHAM," papar Yasonna.

Presiden Jokowi dalam pidatonya mengungkapkan kewajiban dan tanggung jawab untuk melaksanakan perlindungan, pemenuhan, penghormatan, penegakkan, dan pemajuan HAM adalah tanggungjawab Pemerintah.

"Namun kewajiban ini tentu saja bukan semata-mata diemban oleh Pemerintah Pusat, melainkan juga melekat di semua jajaran Pemerintah Daerah," kata Presiden.

Sementara itu, Bupati Hijazi, usai menerima penghargaan mengungkapkan, ia sebelumnya tidak pernah terpikir kalau Rejang Lebong akan memperoleh penghargaan bergengsi tersebut. Bahkan, ini adalah kali pertama bagi Rejang Lebong memperoleh penghargaan di bidang HAM.

"Pertama-tama saya ucapkan terima kasih kepada Menteri Hukum dan HAM yang telah memberikan penghargaan kepada masyarakat Rejang Lebong, bukan saya. Ini adalah suatu upaya yang dikerjakan oleh semua masyarakat, sehingga kita mendapatkan suatu penghargaan cukup bergengsi, karena tadi dihadiri langsung oleh Presiden Republik Indonesia, bapak Jokowi. Oleh karena itu saya mengucapkan selamat kepada seluruh masyarakat Rejang Lebong yang telah mendukung, berpartisipasi besar terhadap HAM di Rejang Lebong. Mudah-mudahan ke depannya kita akan tingkatkan lagi kepedulian terhadap HAM di Rejang Lebong," ungkapnya.

Saat ini, di bawah kepemimpinan Bupati Hijazi, Rejang Lebong telah melahirkan sejumlah program yang berdampak langsung terhadap peningkatan taraf hidup masyarakat. Program tersebut antara lain pemberian Seragam Gratis, Bibit Gratis, Berobat Gratis, dan Pinjaman Bergulir Tanpa Bunga. (FRANKY)

VIDEO PILIHAN